Sertipikat Tanah Bekal Pensiunan

Penyerahan Sertipikat Tanah untuk Rakyat, di Kota Padang

Padang

Masa pensiun adalah masa dimana seseorang tak lagi bisa menghasilkan pundi-pundi dari pekerjaan formal. Meski begitu, tuntutan untuk memenuhi kebutuhan akan terus berlanjut selama napas berhembus.

Untuk mempersiapkan masa pensiun, maka seseorang harus mempunyai bekal yang bisa menunjang kehidupannya, sama seperti saat ia belum pensiun. Seseorang bisa mempersiapkan hal ini dengan menabung atau melakukan investasi dalam bentuk apapun, salah satunya dengan memiliki aset yang berkepastian hukum.

Kali ini cerita datang dari Mawardi (60), Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah purna tugas berupaya tetap mandiri secara finansial. Bertani adalah cara yang ia pilih untuk tetap berjuang memenuhi kebutuhannya.

Namun, untuk sukses dalam bertani bukanlah suatu perkara yang mudah dan murah. Mawardi membutuhkan modal yang cukup agar padi yang ia tanam tumbuh subur di sawah.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pun hadir menjawab persoalan ini melalui sertipikat tanah.

Dengan tanah yang tersertipikat, masyarakat termasuk Mawardi tentunya akan mendapat kemudahan dalam akses perbankan. Kemudahan akses inilah yang bisa membantu Mawardi dalam mendapatkan tambahan modal untuk usaha pertaniannya.

“Kedepan, melihat situasi mungkin kalau mau buka usaha, kalau bisa diagunkan tambahan modal untuk pengembangan usaha, terlebih saya sekarang menjadi petani padi. Siapa tau bisa menambah penghasilan kan ya,” ujar Mawardi, dalam kegiatan Penyerahan Sertipikat Tanah untuk Rakyat di Kota Padang yang berlangsung di Hotel Pangeran, Senin, (25/04/22).

Dalam upaya mendapatkan sertipikat tanah, Mawardi mengaku sangat terbantu dengan adanya program Kementerian ATR/BPN yakni Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Saya gembira atas penyerahan sertipikat ini, karena dengan adanya PTSL, sangat membantu masyarakat dalam tanda kepemilikan tanah. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan sebagai tanda bukti penguasaan tanah miliknya,” ucap pria asal Padang Pariaman ini.

Mawardi juga menjelaskan, pelayanan di BPN sudah baik sekali, dan sangat dilayani dalam proses pengurusan sertipikat miliknya.

“Pelayanan di BPN sangat antusias sekali. Mereka sangat membantu dalam pengurusannya, mulai dari pengajuan sertipikat, dan sampai terbit sertipikat,” ungkapnya. (Biro Humas Kementerian ATR/BPN)

[Red]

Komentar