oleh

Dari Ambon Masyarakat Sultra Dorong Kepton Terbentuk

AMBON

Dewan Pimpinan Wilayah Badan Koordinator Masyarakat Maluku Sulawesi Tenggara (DPW BKMM Sultra) bergerak menyuarakan dukungan penuh terbentuknya Provinsi Kepulauan Buton (Kepton). Dari Ambon mereka bersatu, mendorong percepatan pemekaran Kepton menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) melalui Rekomendasi Dukungan, ditandatangani Dr Arifin Tapi Oyihoe MSi dan Drs La Suriadi selaku Ketua dan Sekretaris BKMM Sultra, 11 Desember 2019.

Rekomendasi Dukungan memuat pertimbangan, sebagai berikut:

1. Bahwa amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana perubahan kedua dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 memungkinkan/memberi ruang terbentuknya DOB dalam perspektif pembangunan nasional dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah, yang memiliki dinamika politik, ekonomi, sosial, maupun budaya.

2. Bahwa pemekaran Provinsi yang menjadi aspirasi maayarakat Sulawesi Tenggara, dalam wilayah Kabupaten/Kota yang ada sudah sejalan dengan tuntutan reformasi sejak Tahun 1999 hingga sekarang, dan dalam kurun waktu tersebut, Pemerintah telah menetapkan Provinsi baru di Indonesia menjadi 34 Provinsi, yang sebelumnya 26 Provinsi.

3. Bahwa sudah saatnya pemekaran Provinsi Kepulauan Buton menjadi DOB sebagaimana pemenuhan persyaratan dan kriteria sesuai PP Nomor 78 Tahun 2007 tentang tata cara persyaratan, pembentukan dan kriteria pemekaran, penghapusan dan penggabungan daerah.

4. Atas dasar pertimbangan tersebut diatas maka BKMM Sultra di Maluku merekomendasikan dukungan penuh terbentuknya Provinsi Kepulauan Buton menjadi DOB.

[RED]

Komentar

News Feed