oleh

Fuel Terminal Baubau Optimis Raih Peringkat Hijau PROPER Kementerian LHK 2020

kasamea.com BAUBAU

Fuel Terminal Baubau PT Pertamina (Persero) optimis dapat meraih Peringkat Hijau PROPER Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) tahun 2020. Optimisme ini cukup beralasan, sebab dibawah Kepemimpinan Adi Rachman, sebagai Fuel Terminal Manager Baubau, sangat fokus dalam melakukan pengelolaan lingkungan, baik didalam wilayah Terminal maupun diluar.

Diungkapkan oleh Fuel Terminal Manager Baubau, Adi Rachman, pengelolaan lingkungan yang rutin dilakukan dalam wilayah Terminal yakni dengan secara rutin melakukan monitoring polusi, baik pencemaran udara, air, dan juga limbah limbah padat. Adi Rachman memastikan, seluruhnya sudah dikelola sesuai dengan kaidah yang berlaku, sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

“Kita sudah memenuhi itu dengan baik, tentu untuk mencapai PROPER Peringkat Hijau,” ungkap Adi Rachman, saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Tak hanya dalam wilayah Terminal, Adi Rachman mengatakan, pihaknya juga fokus secara rutin berbuat untuk eksternal. Tanggung jawab seperti CSR (Corporated Social Responsibility), tanggung jawab melakukan community development (com dev), pengembangan komunitas di sekitar Fuel Terminal Pertamina Baubau.

“Itu juga (CSR, com dev, pengembangan komunitas, red) salah satu syarat untuk meraih peringkat hijau,” ungkapnya lagi.

Mantan Fuel Terminal Manager Maumere ini mengatakan, bahwa saat ini Fuel Terminal Baubau telah masuk nominasi kandidat PROPER. Apresiasi atau penghargaan sendiri akan diserahkan pada akhir tahun. Seperti tahun sebelumnya, penghargaan PROPER diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI.

Adi Rachman menambahkan, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tenggara juga telah melakukan peninjauan, survey lapangan, dan pihaknya tinggal memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditentukan. Namun begitu, bijak Adi Rachman meminta bantuan seluruh stake holder yang ada di Kota Baubau, untuk bisa mewujudkan Fuel Terminal Baubau kembali meraih PROPER Peringkat Hijau.

“Seharusnya kita bisa raih, karena kita sudah penuhi semua persyaratan, kriteria. Tinggal kita liat saja. Harapannya bisa tercapai, karena kita sudah upayakan semua,” kata Adi Rachman, optimis.

Pada tahun 2018, Fuel Terminal Baubau juga telah meraih Peringkat Hijau PROPER Kementerian LHK RI. Kala itu Fuel Terminal Baubau masih Marketing Operation Region VII TBBM baubau.

Peringkat Hijau dimaksud adalah program penilaian peringkat kinerja perusahaan (PROPER) yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI setiap tahun. Untuk usaha dan/atau kegiatan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond  compliance) melalui  pelaksanaan sistem  pengelolaan lingkungan, pemanfaatan sumber daya  secara efisien dan  melakukan upaya tanggung jawab sosial dengan baik.

[RED]

Komentar

News Feed