oleh

Galang Dukungan Serta Doa Untuk Provinsi Kepulauan Buton, KNP3-Kepton Sambangi Imam dan Parabela

BUTON

Setelah membangun koordinasi, komunikasi, juga upaya administratif dengan berbagai pihak lingkup Pemerintah Pusat, bersilaturahim menemui menyalami langsung para Imam dan Parabela menjadi agenda penting Komite Nasional Percepatan Pembentukan Provinsi Kepulauan Buton (KNP3-kepton) saat ini. Ini dilakukan untuk menggalang dukungan serta doa para ‘orang tua adat’ di Negeri Butuuni, mengawal upaya banyak Anak Negeri Butuuni dalam terus mendorong percepatan pembentukan Provinsi Kepton sebagai daerah otonom, mekar dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Peran serta para Tetuah, petuah bijaknya juga sangat dibutuhkan dalam penguatan pergerakan kultural, sebagai roh yang menjiwai akar histori asa pemekaran.

Ketua KNP3-Kepton Drs Alimudin MSi mengungkapkan, dalam kerendahan hati KNP3-Kepton berupaya hadir sebagai treager, dalam menyatukan,dan menguatkan simpul-simpul jejak kultural, dalam konteks upaya bersama seluruh masyarakat mendorong lahirnya Provinsi Kepton. Yang esensinya kata Alimudin, mengakar dari “akar rumput”, menghentak para elit dengan kekuatan kedaulatan Rakyat.

“Saat ini para orang tua kita ini harus mengetahui sudah sampai dimana upaya yang dilakukan selama ini, agar mereka juga ikut merasakan, mendengar, juga melihat. Sebab kita sangat butuh dukungan serta doa para orang tua kita, juga seluruh masyarakat yang sama-sama memiliki Kepton. Bukan hanya para elit, atau pihak-pihak yang mengekslusifkan diri dalam usulan pembentukan Provinsi Kepton. Apalagi memanfaatkan proses untuk mencari makan, atau mengais untung,” tegasnya, beberapa waktu lalu, usai menemui, meminta didoakan Imam Matana Surumba Wabula dan Imam Kadhie Wasuemba dan Parabela Holimombo.

KNP3-Kepton mengajak seluruh masyarakat Kepton untuk mendoakan segera terbentuknya Provinsi Kepton.

[RED]

Comments

News Feed