oleh

Intip Terobosan Mal Pelayanan Publik di Magetan

MPP Kabupaten Magetan

Kasamea.com Magetan

Terobosan untuk lebih meningkatkan kemudahan, efektifitas pelayanan bagi masyarakat dilakukan Pemerintah Kabupaten Magetan. Dengan Mal Pelayanan Publik (MPP), diharapkan dapat mewujudkan pelayanan prima tersebut.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB), masyarakat Kabupaten Magetan, Jawa Timur, sebentar lagi sudah bisa merasakan mudahnya mengurus layanan di MPP. Pusat pelayanan terpadu ini dijadwalkan diresmikan oleh Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, Senin (05/04).

Hingga saat ini, MPP Magetan menyediakan 273 layanan, dengan nstansi yang tergabung sebanyak 28 instansi, terdiri dari pelayanan pemerintah pusat, daerah, kepolisian, hingga Badan Usaha Milik Negara dan Daerah atau BUMN/D.

Bangunan seluas 1.204 meter persegi tersebut, terletak di Jl. Jenderal Sudirman, No. 73, tepatnya di Pasar Baru Magetan. MPP ini terletak di lantai 2 dan 3 Pasar Baru Magetan.

Masyarakat bisa mendapatkan pelayanan setiap hari Senin hingga Kamis pada pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB. Sedangkan pada hari Jumat, pelayanan dibuka pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.

Namun, pelayanan prima bukan hanya menyatukan seluruh pelayanan dalam satu gedung. Pemerintah daerah diharapkan bisa mempertahankan eksistensi MPP dengan menciptakan inovasi.

Deputi bidang Pelayanan Publik Kemen PAN RB, Diah Natalisa, mengatakan, untuk tetap mewujudkan pelayanan publik yang prima tidak dapat dilakukan dengan hanya patuh melaksanakan ketentuan-ketentuan pelayanan.

“Kebijakan-kebijakan pelayanan tadi perlu dilengkapi dengan inovasi pelayanan sebagai terobosan untuk menjaga eksistensi penyelenggaraan MPP,” ungkap Diah, dikutib dari Kemen PAN RB.

Diah menyampaikan, adanya MPP bisa meningkatkan kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business (EoDB). Terlebih ditengah situasi krisis saat pandemi Covid-19 ini.

Kecepatan, keterjangkauan, keterbukaan, keamanan, dan kenyamanan menjadi prinsip-prinsip dasar dalam penyelenggaraan pelayanan publik oleh pemerintah. MPP diharapkan bisa meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi.

Hal ini juga merupakan langkah strategis dalam perbaikan pelayanan publik. Terlebih, pemerintah tengah menggencarkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memudahkan masyarakat sebagai konsumen pelayanan.

Pemkab Magetan juga melengkapi MPP-nya dengan ragam fasilitas. Diantaranya adalah customer servicefree WiFi, ruang laktasi, pojok baca, kursi pijat, hingga ruang konsultasi dan pengaduan.

Instansi yang tergabung dalam MPP Kabupaten Magetan:
1. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
2. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
3. Dinas Tenaga Kerja
4. Dinas Kesehatan
5. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan
6. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
7. Dinas Lingkungan Hidup
8. Dinas Perdagangan dan Perindustrian
9. Dinas Perhubungan
10. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
11. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan
12. Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah
13. UPT Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur (Samsat)
14. Kejaksaan Negeri Magetan
15. Pengadilan Negeri Magetan
16. Kantor Imigrasi Kelas II Madiun
17. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ngawi
18. Kantor Pertanahan Kabupaten Magetan
19. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magetan
20. BPJS Kesehatan Cabang Madiun
21. BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madiun
22. Telkom Magetan
23. Kantor Pos Magetan
24. BRI Cabang Magetan
25. Taspen Cabang Madiun
26. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim)
27. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Magetan
28. PDAM Lawu Tirta Magetan

(Sumber: Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi / KEMENPANRB)

[Red]

Komentar

News Feed