oleh

Ini Prioritas Dikbud Sultra 2019

Kendari

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus merealisasikan berbagai program kerja, guna meningkatkan mutu serta pencapaian Pemerintah Sultra, khususnya dalam dunia Pendidikan. Tahun 2019 ini, Dinas yang dipimpin Drs Asrun Lio MHum PhD ini memiliki beberapa program kerja prioritas.

Prioritas Dikbud Sultra ditahun 2019 diantaranya: – Penuntasan Penyusunan Rencana Strategis (renstra) OPD Bidang Pendidikan 2018-2023, – Pemantapan Pelaksanaan DAK Fisik dan Non Fisik 2019, – Pengangkatan Guru Tetap Non PNS, – Pemberian Bea Siswa, – Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Program.

Diuraikan Kepala Perencana Dikbud Sultra Burhanuddin, selain program prioritas diatas, pihaknya juga fokus pada Legalisasi PKLK, juga monitoring yang bertujuan untuk memastikan kelayakan sekolah. Termasuk pula, merampungkan penyelesaian Dana Alokasi Khusus (DAK), yang terdiri dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

DAK tersebut lanjut Burhanuddin, rencananya akan dialokasikan pada pembangunan ruang kelas baru (RKB), laboratorium, rehabilitasi sekolah SMA/SMK yang ada dalam naungan Dikbud Sultra.

Ia menyebutkan, jumlah dana BOS SMA/SMK berkisar Rp 160miliyar pertahun, sedangkan DAK berkisar Rp 180miliar pertahunnya.

“Untuk DAK ditahun 2019 sendiri lagi sementara diproses oleh Kementerian.
Mengenai jumlah nominal setiap sekolah, dan sekolah apa saja yang menerimanya nanti ditunggu hasil dari Kementerian” jelasnya.

Menurutnya, dalam dunia pendidikan minim hal baru, sebab rutinitas cenderung sama, yaitu pembangunan sekolah baru, memperbaiki halaman sekolah, rehabilitasi sekolah, pembangunan RKB, serta pelatihan siswa dan guru.

“Itu yang selalu menjadi program yang ada di Dikbud Sultra” tambahnya.

[ Agus Salim # ]

Komentar

News Feed