oleh

Anggota DPR RI Sebut Pemekaran Belum Bisa Dilakukan. Kepton Masih Jauh?

WAKATOBI

Anggota Komisi II DPR RI, Ir Hugua, mengungkapkan, saat ini pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) belum bisa dilakukan, sebab masih menunggu terbitnya Rancangan Peraturan Presiden (RPP), yang harus diselesaikan Pemerintah Pusat. RPP dimaksud, tentang desain besar; jumlah wilayah DOB Provinsi/Kabupaten yang dibutuhkan Indonesia, juga batas-batas wilayah DOB tersebut.

“RPP itu yang belum selesai. Berarti kita sekarang baru berjuang untuk mengetuk pemerintah eksekutif untuk buka moratorium. Belum bisa kita bicara Kepton, kita kesana dulu (RPP dan dibukanya moratorium, red),” beber Hugua, saat berada di Kabupaten Wakatobi beberapa waktu lalu.

Menurut mantan Bupati Wakatobi dua periode ini, rampungnya RPP tersebut, menandai peluang dibukanya moratorium, dan dilanjutkannya pembahasan usulan pembentukan DOB. Termasuk usulan Provinsi Kepulauan Buton mekar dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Yang bisa dilakukan saat ini, kata Hugua, mendorong agar motarium dibuka.

Ia menuturkan, terkait usulan pembentukan Provinsi Kepton, telah memenuhi syarat. Dan kata dia, Komisi II DPR RI terus mengawal usulan tersebut. “Seluruh administrasi sudah selesai, Kepton sudah memenuhi syarat. Kepton sudah full,” pungkasnya.

[RED]

Komentar

News Feed