oleh

DLH Kendari Beraksi, Demi Keselamatan Pengguna Jalan

Kendari

Beginilah respon aktif Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kendari, melakukan pengecekan serta penebangan pohon ditepi-tepi jalan, utamanya ditepi jalan poros. Ini rutin dilakukan, demi menjaga keselamatan para pengguna jalan, pengendara maupun pejalan kaki yang melintas.

Seperti yang terlihat pada Rabu 20-2-2019, dipagi hari sekira pukul 08.00 Wita. Personil DLH Kota Kendari dibawah komando Kepala Bidang Kebersihan Lingkungan Tajwid, menebang pohon di perempatan Pasar Baru (sekitar traffic light).

“Pohon ini kami tebang mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang diakibatkan tumbangnya pohon, atau menghalangi pandangan pengguna jalan,” kata Tajwid, ditemui dilokasi penebangan pohon.

Sebelum melakukan penebangan pohon, kata Tajwid, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan Satuan Polisi Lalulintas Polres Kota Kendari. Kemudian pihak Satuan Polisi Lalulintas menurunkan beberapa personilnya untuk sterilisasi, penertiban pengguna jalan, selama penebangan berlangsung.

Ia menjelaskan, pohon yang harus ditebang memiliki beberapa kriteria, salah-satunya pohon tersebut mengalami pembusukan pada bagian akar. Juga pohon tua, lapuk, yang sewaktu-waktu akan rubuh.

“Karena ditakutkan itu bisa membahayakan pengguna jalan. Ini rutin kami lakukan dengan meninjau lapangan, tapi terkadang warga sendiri yang datang melapor kepada kami, kemudian kami menindak lanjuti dengan melihat langsung pohon tersebut apakah akan ditebang atau tidak,” jelasnya.

Salah seorang pengendara sepeda motor yang melintas kala itu mengucapkan terima kasih kepada DLH Kota Kendari, yang sudah menjalankan tugas dengan baik. Kata dia, saat menebang pohon mereka (personil DLH) rela mengambil resiko keselamatan diri, demi keselamatan pengguna jalan.

[ Agus Salim # ]

Komentar

News Feed