oleh

“Gerak Cepat” BMKG! Potensi Gelombang Tinggi di Sultra

Kendari

Sudah menjadi tugas rutin Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan deteksi, sekaligus memberikan informasi peringatan dini tentang cuaca ekstrim. Khususnya di Provinsi sulawesi Tenggara (Sultra), ini dilakukan oleh Stasiun Meteorolgi Maritim Kendari, yang selalu memberikan informasi peringatan dini cuaca ekstrim, untuk kejadian satu atau dua jam kedepan, meliputi lokasi atau daerah.

Informasi tersebut meliputi pergerakan awan, serta cuaca yang berpotensi menjadi cuaca ekstrim. Peringatan ini juga bisa langsung dilihat di website resmi www.bmkg.go.id.

Hal ini diungkapkan Adi Istiyono, selaku Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari.

Saat ini lanjut Adi, untuk potensi gelombang tinggi terletak di sebelah Utara Sultra, meliputi perairan Kepulauaa Sula, dan Kepulauan Banggai. Sedangkan sebelah Selatan sendiri terjadi dibagian Wakatobi bagian Selatan, dan Kepulauan Bau-Bau bagian Selatan.

Adi menjelaskan, pada Bulan Mei sampai Agustus (biasa disebut angin Timur) perairan Menui Kendari berpotensi terjadi gelombang tinggi dibagian laut Banda Timur Sultra, serta Wakatobi bagian Timur dan Utara. Pada Bulan Oktober sampai April yang berpotensi terjadi gelombang tinggi, terletak disebelah Selatan perairan Bau-Bau, sebelah Selatan Wakatobi, juga sebelah Utara dekat perairan Banggai Sulaino.

“BMKG sendiri selalu mengapdet informasi ya satu hari sebelum terjadi potensi gelombang tinggi. Sedangkan informasi curah hujan sendiri selalu apdet dua jam sekali. Kami (Stasiun Meteorologi Maritim Kendari) bertugas untuk menjelaskan tinggi gelombang dan curah hujan,” kata Adi, ditemui dikantor BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Rabu (6/3/2019).

BMKG adalah Lembaga Pemerintahan yang bertugas memberi informasi dibidang Meterologi, Klimatologi, Geofisika. Untuk daerah Provinsi Sultra, kantor BMKG tersebar dibeberapa titik. BMKG khusus Meteorologi Maritim terletak di Jalan Jenderal Sudirman (Kampung Salo) Kota Kendari. BMKG khusus Geofisika terletak di Jalan R E Martadinata, Purirano Kota Kendari, yang bertugas untuk memberi inforamsi mengenai kejadian gempa serta petir,
BMKG yang menangani tentang Iklim terletak di Jalan Ranometo Konawe Selatan. Bertugas memberikan informasi mengenai musim kemarau dan musim hujan.

“BMKG yang ada disekitar area Bandara Betoambari Kota Bau-bau bertugas memberikan informasi untuk tack off atau landing pesawat udara,” tambahnya. [ Agus Salim # ]

Komentar

News Feed