oleh

Diujung Timur Indonesia! TNI Damaikan Seteru Dua Kampung

Papua

Tentara Nasional Indonesia (TNI) senantiasa menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan persatuan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Berpedoman pada 8 Wajib TNI, yang salah satunya “Menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya”, Satgas Yonif 725/Woroagi Pos Yuruf, dipimpin Lettu Inf Herman, Selasa (5/3/2019) mendamaikan (melalui mediasi) perseteruan antar pemuda Kampung Yuruf dan pemuda Kampung Umuaf, Distrik Web Kabupaten Keerom.

Berawal dari Kepala Kampung Yuruf Bapak Efrem menerima surat dari Kepala Kampung Umuaf Bapak Darius Debem, tentang adanya sekelompok pemuda Kampung Yuruf dalam keadaan mabuk, dan melakukan pengrusakan. Tak hanya itu, mereka juga memalang jalan kampung Umuaf dengan menggunakan kayu, yang kemudian memicu keributan dengan pemuda Kampung Umuaf.

Kepala Marga Kampung Yuruf Marten Kemo langsung melaporkan perseteruan tersebut kepada Pos Yuruf.

Herman bersama tujuh anggota bersama pemuda Kampung Yuruf, yang dipimpin Nico Papay, menuju Kampung Umuaf untuk bertemu dengan Kaur Umum Aparat Kampung Umuaf Bapak Emanuel Wilip, dan Kepala Kampung Umuaf Bapak Darius Debem. Dengan maksud mengajak dan menyelesaikan permasalahan kedua Kampung tersebut, secara kekeluargaan melalui musyawarah.

Dalam pertemuan, Herman mengimbau kedua belah pihak, agar dalam setiap kegiatan, dalam keseharian, tidak membuat atau memicu perselisihan. Apalagi merusak fasiltas umum, serta menganggu keamanan Kampung.

Herman memberikan spirit, motivasi, bahwa pemuda harus menjadi penggerak Kampung dalam memajukan dan menciptakaan keamanan Kampung, Pemuda juga harus memiliki pikiran yang maju untuk memajukan Kampung masing masing.

“Yang terakhir saya mengucapkan terima kasih kepada kedua belah pihak yang mau berdamai. Dan kami sangat berterima kasih juga kepada pihak kampung umuaf yang sudah meluangkan waktunya dalam menyelesaikan permasalahan ini dengan musyawarah dan kekeluargaan,” ucapnya dalam kesempatan itu.

Saat itu juga, pemuda Kampung Yuruf menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya kepada pemuda, seluruh warga Kampung Umuaf. Karena pengaruh alkohol, sehingga mereka tidak terkontrol.

Darius Debem mengungkapkan, kejadian tersebut telah diselesaikan bersama-sama, dan mereka telah bersepakat agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Warga Kampung Yuruf dan Kampung Umuaf sangat mengapresiasi respon cepat anggota TNI, yang langsung menengahi permasalahan tersebut, terselesaikan dengan lancar dan aman. Warga berharap, kehadiran anggota TNI diwilayah mereka bisa mempersatukan kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 
~ vonizz report ~

Komentar

News Feed