oleh

Khas Tol Permai Dekat Suaka Margasatwa Balai Raja di Bengkalis

kasamea.com TRAVEL

Dari Seksi 4 Tol Pekanbaru -Dumai (Tol Permai) di Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja, yang merupakan habitat Gajah Sumatera dan Fauna lainnya, seperti Beruang Madu, Harimau Sumatera, Kera Ekor Panjang, dan lainnya.

Tol Permai yang menghubungkan Pekanbaru dan Dumai adalah bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera, yang menghubungkan Bakahueni di Lampung hingga ke Banda Aceh, 2.818 KM, dikerjakan secara bertahap sejak tahun 2015.

Pada Tol Permai terdapat 6 terowongan perlintasan gajah, pertama di Indonesia, yang bertujuan untuk menjaga lingkungan dan ekosistem, serta tidak mengganggu habitat asli gajah liar di sekitarnya.

Tol Permai, 131 KM, dibangun dengan biaya Rp 16T, telah diresmikan oleh Presiden Jokowi. Peresmian dilakukan secara virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jumat 25 September 2020.

Selain dapat mempersingkat waktu tempuh Pekanbaru ke Dumai dan sebaliknya, dari 7 menjadi 2 jam, juga akan sangat mendorong pemerataan ekonomi di Provinsi Riau.

(Sumber: Komunitas Bina Marga dkk)

[RED]

Komentar

News Feed