Peresmian Kantor Polsek Lea-Lea, Monianse: “Polri lebih dekat dengan masyarakat”

Baubau

Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Pol Drs Teguh Pristiwanto diwakili Waka Polda Sultra Brigjen Pol Drs Waris Agono MSi meresmikan kantor Polsek Lea-Lea Polres Baubau, Kamis (7/7/2022).

Peresmian dihadiri Karo Log Polda Sultra, Wali Kota Baubau, Kapolres Baubau, yang mewakili Dandim 1413 Buton, PJU Polres Baubau, para Kapolsek, Camat Lea-Lea dan tokoh masyarakat Kecamatan Lea-Lea.

Sambutan Kapolda Sultra dibacakan Wakapolda Sultra, menyatakan kantor Polsek Lea-Lea Polres Baubau dibangun dengan menggunakan anggaran APBN T.A. 2022 sebesar Rp 898.000.000. Proses pembangunannya direncanakan selama 180 hari kalender, dimulai tanggal 18 Januari 2022.

“Alhamdulillah dapat diselesaikan lebih cepat dari target, tanggal 31 Mei 2022, dan telah diserahterimakan kepada Polres Baubau pada tanggal 17 Juni 2022,” ucap Waka Polda Sultra.

Dengan fasilitas kantor yang lebih baik, Polsek Lea-Lea diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu sarana bagi personel Polri untuk lebih meningkatkan peran dan fungsinya ditengah masyarakat. Sebagai pemelihara Kamtibmas, alat penegak hukum, serta sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, yang keberadaanya senantiasa diharapkan. Agar masyarakat memiliki rasa aman dan tentram dalam melaksanakan aktifitasnya sehari-hari serta dapat mendukung program pemerintah dalam pembangunan daerah untuk indosesia tangguh – indonesia tumbuh.

Wilayah Polsek Lea-Lea membawahi satu Kecamatan dan lima Kelurahan, dengan jumlah penduduk kurang lebih 8.781 jiwa. Jumlah personel Polsek Lea-Lea sebanyak 13 orang, dengan jumlah personel yang masih terbatas dalam wilayah yang cukup luas ini, tentunya fasilitas yang dimiliki Polsek Lea-Lea masih sangat terbatas.

“Dengan sumberdaya yang ada saya harapkan seluruh jajaran Polres Baubau, khususnya personel Polsek Lea-Lea dapat melakukan tugas secara optimal. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, di wilayah hukum Polsek Lea-Lea,” ucapnya lagi.

Diakhir kata sambutan, Wakapolda Sultra menekankan kepada personel Polsek Lea-Lea:

1. Pahami betul tugas pokok, fungsi dan peran kita sebagai anggota Polri sesuai dengan yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022.
2. Jadilah teladan yang baik untuk lingkungan kerja dan masyarakat, hindari perbuatan yang dapat mencederai nama baik institusi, diri sendiri dan keluarga.
3. Jalin kemitraan dan komunikasi yang erat dengan semua komponen pemerintah dan masyarakat dalam memelihara Kamtibmas di wilayah.
4. Rawat dengan baik fasilitas dinas, jaga kebersihan dan kesiapsiagaan Mako sebagai wujud keseriusan dalam melayani masyarakat.

“Tidak lupa saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran pemerintah, masyarakat, dan semua pihak yang telah memberikan dukungan dan kerja samanya dalam membantu pelaksanaan tugas-tugas Polri di wilayah hukum Polres Baubau,” tutupnya.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse dalam pidato sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih atas telah selesainya kantor Polsek Lea-Lea Polres Baubau. Sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat Lea-Lea, dan mendekatkan Kepolisian dengan masyarakat, dalam memberikan pelayanan yang lebih baik, kepengurusan administrasi, serta menjadikan jangkauan yang lebih dekat antara masyarakat Lea-Lea.

Dengan adanya kantor Polsek Lea-Lea, lanjut Monianse, bisa menjadi magnet terhadap pertumbuhan perumahan yang akan membangun di sekitar kantor Polsek Lea-Lea.

“Atas nama Pemerintah Kota Baubau kami mengucapkan terima kasih kepada Polri, dan kami akan selalu mendukung program-program Polres Baubau,” pungkasnya. [Red]

Komentar