oleh

Spirit Pengukuhan Pengda JMSI Sultra dan “Kalimat Sakti” Para Tokoh

Kasamea.com Kendari

Media massa adalah wadah penyampaian informasi, media hiburan, dan pendidikan, juga berfungsi sebagai kontrol sosial. Pemberitaan media sangat berdampak terhadap psikologi, gaya hidup, dan opini masyarakat.

Setiap prilaku dan pola pikir masyarakat salah satunya dipengaruhi oleh pemberitaan media massa. Sehingga jika pemberitaan media itu tidak baik, maka secara tidak langsung opini dan prilaku masyarakat juga akan terpengaruh. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa peran media cukup sentral dalam perkembangan prilaku masyarakat.
Kehadiran Organisasi Perusahaan Pers seperti Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) diharapkan mampu mendorong terciptanya profesionalitas perusahaan pers dalam memproduksi berita-berita yang akan menjadi menjadi konsumsi masyarakat.

JMSI adalah Organisasi Perusahaan Pers media siber yang didirikan di Banjarmasin, Kalsel, pada Sabtu 8 Februari 2020, oleh perwakilan dari 21 provinsi.

Dibentuk sejak September 2020,
Pengurus Daerah Jaringan Media Siber Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara (Pengda JMSI Sultra) Periode 2020-2025 resmi dikukuhkan oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat JMSI, Mahmud Marhaba, Rabu 24 Maret 2021, di Kendari.

Pengukuhan yang juga dirangkaikan dengan Rapat kerja perdana, terlaksana berkat dukungan seluruh pengurus, pejabat daerah, dan tokoh masyarakat, yang sama peduli terhadap kemajuan industri media, yang akan menjadi industri masa depan, yang sangat memiliki peran terhadap kehidupan masyarakat.

JMSI Menciptakan Perusahaan Media Profesional dan Bertanggungjawab

Mahmud Marhaba mengungkapkan, Pengda JMSI Sultra merupakan daerah ke- 8 yang dikukuhkan, dari 29 Pengda yang terbentuk di Indonesia. Saat ini JMSI tengah menuju verivikasi faktual Dewan Pers.

Kata Mahmud Marhaba, tujuan utama JMSI adalah bagaimana menciptakan iklim media yang sehat, menjadikan pemilik media yang profesional, wartawan yang tergabung didalamnya bertanggungjawab.

Menjadi tantangan saat ini, kata Mahmud Marhaba, bagaimana menjadikan sebuah Perusahaan Pers yang proporsional, terdaftar di Dewan Pers, berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT), memiliki Pemimpin Redaksi bersertifikat utama, dan Perusahaan Pers yang memiliki alamat kantor yang jelas.

JMSI Sultra Mendorong Perusahaan Pers Sehat dan Taat Aturan, Undang-Undang

Ketua JMSI Sultra, M Nasir Idris mengatakan, JMSI bertekad membangun perusahaan media siber yang profesional, memiliki integritas, mengelola sisi bisnis secara sehat dan bertanggungjawab.
Bertekad menciptakan budaya kerja di lingkungan redaksi yang taat Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Kode Prilaku Wartawan.

Dibeberkan M Nasir Idris, gagasan pendirian JMSI Sultra dimulai dari komunikasi yang terbangun antara Sekjen PP JMSI, Mahmud Marhaba, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra, Sarjono (Dewan Pembina JMSI Sultra), dan dirinya (M Nasir Idris) CEO Telisik.id, mantan Ketua AJI Kendari.

JMSI Sultra menghimpun sebanyak 21 media online dari berbagai Kabupaten/Kota di Sultra, Kota Kendari, Baubau, Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, dan Kabupaten Buton.

JMSI Sultra telah mengukuhkan eksistensinya di Dewan Pers setelah dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan faktual oleh Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers, M Agung Dharmajaya, 5 Maret 2021 lalu.

Tantangan JMSI dalam periode lima tahun kedepan, seluruh media yang tergabung di JMSI Sultra dapat terverifikasi Dewan Pers. Tak hanya itu, JMSI Sultra akan mendorong seluruh wartawannya mengikuti Uji Kompetensi Wartawan atau UKW.

Pengda JMSI Sultra Periode 2020-2025

Dewan Pembina: Drs H Yusran A Silondae MSi, Sarjono SSos MSi, Afirudidin Mathara SH MH, Hidayatullah SH MH, Dr Sarlan Adijaya SSos MSi

Dewan Pakar: Prof Dr Muh Zamrun Firihu SSi MSi MSc, Prof Dr Ir H Andi Bahrun MSc Agric, Prof Dr H Eka Suaib MSi, Prof Dr H Aris Badara SPd MHum, Dr Basrin Melamba SPd MPd

Ketua JMSI Sultra, M Nasir Idris, Wakil Ketua, Agus Tohamba, Herman, Sukardi

Sekretaris, La Ismeid, Wakil Sekretaris, Muhajirin Haikal, Adhi Yaksa Pratama

Bendahara, Misrawati, Wakil Bendahara Moh Hasmar Tombili, Muhammad Ibrahim

Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Asrun

Ketua Bidang Pendidikan Pelatihan dan Literasi, Hamzah

Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Edi Sartono

Ketua Bidang Pengembangan Potensi Daerah, LM Irfan Mihzan

Ketua Bidang Pengembangan IT, Muhammad Adhan

Ketua Bidang Kerja Sama Antar Lembaga, Rislan.

Pers Pilar Demokrasi, Memerangi Kemiskinan dan Ketidakadilan

Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh menilai, hadirnya JMSI Sultra telah memberikan warna yang baik untuk kemajuan pemberitaan di Sultra.

Abdurrahman Shaleh menyebutkan, sebagai pilar demokrasi, maka Pers harus hadir, dengan sikap profesional dan atas azas.

Pers yang baik, menurutnya adalah Pers yang melakukan check and balance, Pers yang bersungguh hati untuk memajukan. Tidak hanya memajukan perusahaan media tersebut, tetapi memerangi kemiskinan dan ketidakadilan.

Ketua DPD PAN Sultra ini meyakini, JMSI merupakan satu kekuatan besar terhadap kemajuan Pers di Sultra.

JMSI Menambah Semangat Bersama Membangun Sultra

Bupati Konawe Utara, Ruksamin sangat mengapresiasi, dan mengucapkan selamat atas pengukuhan Pengda JMSI Sultra.

Ruksamin bahkan menyanggupi mewakili seluruh pimpinan daerah serta masyarakat se Sultra, mengucapkan selamat atas pengukuhan Pengda JMSI Sultra. Ia berharap, semoga dengan dikukuhkannya Pengda JMSI Sultra, akan semakin menambah kekuatan kita bersama untuk lebih semangat membangun Sultra.

Ruksamin blak-blakan mengakui bahwa media telah menjadi bagian dari perjalanan kesuksesan karir politiknya. Sejak Ia menjabat sebagai anggota DPRD Konawe, hingga sukses menjadi Bupati Konawe Utara dua periode.

“Kalau saya tidak berteman dengan wartawan, sampai hari ini saya tidak mungkin menjadi bupati,” ungkap Ruksamin penuh semangat, dihadapan seluruh Pengda JMSI Sultra, PP JMSI, Dewan Pembina JMSI Sultra, Dewan Pakar JMSI Sultra, Ketua DPRD Sultra, unsur Forkopimda Sultra, unsur Organisasi Perusahaan Pers, yang mewakili Kepala Daerah, Rektor Unhalu, Rektor Unsultra, Ketua KPU Sultra, Ketua KPU Kendari, juga para Tokoh yang hadir dalam Pengukuhan Pengda JMSI Sultra, malam itu.

[Red]

Komentar

News Feed