oleh

1 ODP Corona di Bau-Bau, La Ode Muslimin Hibali: Waspada Hindari Keramaian

-Baubau, Berita-1.812 views

BAU-BAU

Seorang warga dinyatakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus Corona (Covid-19), dan saat ini, Minggu (22/3/20) mendapat perawatan di Rumah Sakit Siloam Bau-Bau. ODP tersebut dirawat di ruang isolasi, dan akan dirujuk ke RS Bahteramas sebagai RS rujukan kasus Corona di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bau-Bau (BPBD sebagai pusat informasi Covid-19 di Kota Bau-Bau), mengatakan, ODP yang diketahui warga Kota Bau-Bau ini tidak memiliki riwayat dari luar daerah, akan tetapi, orang tua pasien ini yang pernah ke Kota Kendari, dan pada 10 Maret 2020 kembali ke Kota Bau-Bau.

Muslimin lantas, mengingatkan, agar masyarakat waspada, dengan menghindari keramaian atau kerumunan. Juga, sedapat mungkin meminimalisir bersentuhan atau kontak fisik dengan orang lain.

Berdiam diri di rumah, dan tak kalah penting, kata dia, menjaga stamina tubuh, kondisi kesehatan, dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat, serta mengkonsumsi makanan bergizi. Mengenakan masker juga kaos tangan bila bepergian.

Sebelumnya, guna mencegah penyebarluasan virus Corona ini, Pemerintah Kota Bau-Bau telah membentuk Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19, yang didalamnya terdiri atas lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Bau-Bau, Forkopimda, juga stakeholder terkait. Yang kemudian ditindaklanjuti dengan menerbitkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Penanganan Covid-19. Termasuk melakukan upaya pencegahan melalui sosialiasi terus menerus kepada masyarakat, sebagai upaya konkrit memutus rantai penyebaran penyakit yang telah menjadi Pandemi Global tersebut.

[RED]

Komentar

News Feed