oleh

281 Mahasiswa KKA UM Buton Siap Berkontribusi Untuk Kota Baubau

Baubau

Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH menyambut hangat 281 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton (UM Buton), yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Amaliah (KKA). KKA 2019 ini dilaksanakan di 20 Kelurahan, dilima Kecamatan, Betoambari, Lealea Kokalukuna, Bungi, Sorawolio, 11 Maret-12 April 2019.

AS Tamrin mengapresiasi UM Buton yang terus bersinergi, berkontribusi pada kemajuan Kota Baubau. Melalui KKA ini kata dia, sinergi itu dapat semakin ditingkatkan.

Wali Kota dua periode ini mengungkapkan, Mahasiswa adalah generasi penerus, pemegang tongkat estafet dalam merwujudkan cita-cita perjuangan Bangsa. Melalui ilmu pengetahuan yang diserap di kampus, AS Tamrin optimis, Mahasiswa UM Buton dapat memberikan yang terbaik, kontribusi positif bagi Kota Baubau.

Alumni LEMHANAS ini juga berterima kasih kepada UM Buton yang ikut berartisipasi dalam pembangunan Kota Baubau, melalui KKA, serta kerjasama lainnya dengan Pemerintah Kota Baubau.

Dalam acara penerimaan Mahasiswa KKA angkatan XVII Unismuh Buton, yang digelar di aula kantor Sekretariat Daerah Kota Baubau, Senin (11/3/2019) AS Tamrin memberikan spirit, motivasi, nasehat, pesan bijak, pesan moril kepada seluruh Mahasiswa KKA UM Buton yang hadir.

Hadir kala itu, Rektor UM Buton Wa Ode Alzarliani SP MM, bersama Wakil Rektor, dan Dosen Pembimbing KKA.

Wa Ode Alzarliani berterima kasih kepada Pemerintah Kota Baubau yang sangat merespon baik, dan menerima kegiatan KKA UM Buton.

“Pemerintah Kota Baubau sangat baik dalam kerjasama ini. Menerima kami, dari bapak Walikota, pak Sekda, Asisten I, para Camat, hingga Lurah. InsyaAllah kita bisa bersama-sama ikut menjaga Kota Baubau tetap aman, tertib, sehingga menarik banyak investor untuk berinvestasi,” tuturnya.

KKA adalah ruang dan waktu bagi Mahasiswa mengimplementasikan ilmu pengetahuan, yang mengarah pada Tematik, membantu penyelesaian, antisipasi permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat.

Pihaknya kata Alzarliani telah menyiapkan SDM yang akan ditempatkan dimasing-masing Kelurahan, sesuai dengan kompetensi keilmuan.

Iapun memastikan, mahasiswa KKA UM Buton turun langsung berkontribusi.

“Misalnya diwilayah pertanian, disini mahasiswa fakultas pertanian yang turun langsung bersinergi dengan petani dan pemerintah kelurahan. Begitu juga mahasiswa fakultas hukum, sosial politik ilmu pemerintahan, mereka melihat, menata administrasi di Kelurahan. Untuk ekonomi, bisa memfasilitasi terbentuknya koperasi kalau di Kelurahan tersebut belum ada koperasi,” urainya.

Alzarliani menjelaskan, dalam pelaksanaan KKA juga, UM Buton kolaborasi dengan program-program yang ada di Kelurahan,”mahasiswa nanti turun ke lokasi, identifikasi permasalahan, kemudian diseminarkan. Jadi ada penyelesaian masalah disana (lokasi KKA),” tambahnya.

Ia berharap selama 30 hari pelaksanaan KKA ini, Mahasiswa dapat bersungguh-sungguh mendedikasikan diri untuk masyarakat. Berkontribusi positif bagi kemajuan Kota Baubau, serta menjaga nama baik UM Buton.

~ Vonizz report ~

Komentar

News Feed