oleh

Beri Perhatian Besar Cegah Corona, Pemkot Bau-Bau Bentuk Tim Gerak Cepat dan Intens Berkoordinasi

BAU-BAU

Pemerintah Kota Bau-Bau, Provinsi Sulawesi Tenggara, memberikan perhatian besar, dengan terus berupaya mengambil langkah-langkah dalam mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) masuk ke daerah itu. Minggu (15/3/20), Wali Kota Bau-Bau Dr H AS Tamrin MH memimpin langsung rapat koordinasi penanganan Corona, bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unsur terkait, di rumah jabatannya.

“Tentunya ini harus kita sikapi dengan memberikan perhatian besar, agar dampak dari pada virus ini kita terhindar. Olehnya itu, ada berbagai langkah-langkah yang perlu kita laksanakan meskipun juga sudah dibahas sebelumnya,” kata AS Tamrin, usai memimpin rapat.

Menurutnya, butuh kerjasama, terkoordinasi, seluruh pihak, dalam upaya penanganan dan penanggulangan virus yang sudah menjadi bencana nasional itu.

“Makanya dalam rapat ini semua dari unsur terkait kita undang semua hadir. Dan tadi juga saya sudah tanda tangan Surat Keputusan pembentukan tim gerak cepat atau tanggap darurat dalam pencegahan,” ucap AS Tamrin. Kata dia, tim atau tenaga teknis berasal atau dari latar belakang profesional, yang mumpuni dibidangnya masing-masing.

Lebih lanjut, AS Tamrin meminta, dalam mencegah virus tersebut diharapkan pula agar masyarakat tidak panik, dan menciptakan suasana kehidupan yang bisa menangkal penyebaran atau penularan virus, dengan rajin berolahraga, menjaga kebersihan pribadi, lingkungan, keluarga, dan tempat-tempat umum.

“Virus itu sulit terkena kalau fisik kita baik dengan makan gizi yang seimbang, senantiasa mencuci tangan setiap melakukan kegiatan, tidak merokok, dan minum air hangat,” jelasnya.

Ia juga mengimbau, dalam aktivitas interaksi, masyarakat sebaiknya menggunakan masker, untuk menghindari adanya kontak virus. Hal ini kata dia, berdasarkan saran dari para dokter ahli.

Wali Kota periode kedua ini, menuturkan, upaya kewaspadaan dini akan dampak virus Corona, yakni meminta kepada Kepala-Kepala OPD Pemerintah Kota Bau-Bau, dan instansi terkait, agar terus menyosialisasikan syarat-syarat, atau pola hidup sehat secara serius, dan terpola, juga dengan menyiapkan fasilitas-fasilitas dalam mengantisipasi, apabila terdapat terdampak virus tersebut.

“Seperti juga tadi yang disampaikan Pak Wakil Wali Kota perlu juga teman-teman yang pembawa khotbah untuk menyisipkan pesan-pesan dalam ceramahnya, bagaimana berpola sikap dan tindakan pencegahan terhadap virus corona itu. Tetapi tidak menutup kreasi dari mereka untuk menyampaikan pesan-pesan agama,” ujarnya.

Dalam rapat koordinasi yang dihadiri Wakil Wali Kota Bau-Bau, La Ode Ahmad Monianse, Sekda Bau-Bau Roni Muhtar, sejumlah Kepala OPD, Kepala Kantor UPP Bau-Bau, Kepala Bandara Betoambari, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Direktur RS Siloam, RSUD Bau-Bau, AS Tamrin menekankan, selaku Kepala Daerah pihaknya telah melakukan langkah-langkah, mengkoordinir lintas kewenangan, namun diharapkan juga ada kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

“Tadi saya sudah sampaikan kalau hasil dari rapat ini kita laporkan ke provinsi. Kemudian hasilnya membuat SOP, dan disosialisasikan kepada masyarakat. Sebab masyarakat banyak yang awam sehingga mereka panik,” katanya.

Ia menambahkan, kalangan media juga perlu memberikan informasi yang mendidik terkait virus Corona. (Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bau-Bau)

[RED]

Komentar

News Feed