Hatters Coba Lemahkan Nasdem Baubau, Arifudin Jawab dengan Prestasi

Ketua Nasdem Sultra H Ali Mazi SH – Ketua Nasdem Baubau Arifudin SSos

Baubau

“Semakin tinggi pohon, maka akan semakin kencang angin menerpanya”, peribahasa ini tengah mengena pada Ketua DPD Partai Nasdem Kota Baubau Arifudin bersama para kader dan seluruh pengurus Nasdem Baubau disemua tingkatan. Betapa tidak, setelah meraih prestasi atau pencapaian atas kerja-kerja politik, kemasyarakatan selama kurang lebih dua tahun, kini ada pihak yang mencoba melemahkan, memecahbelah soliditas, kekompakan, dengan mewacanakan pergantian kepengurusan Nasdem Baubau.

Konsolidasi internal, penguatan kelembagaan yang telah dibangun dan dipertahankan, loyalitas, optimisme memenangkan, meningkatkan kejayaan Nasdem di negeri Syara Patanguna, yang terus bertumbuh, hendak diporak-porandakan segelintir orang yang tidak aktif lagi ber-Nasdem, bahkan orang diluar Nasdem sendiri. Mereka ini oknum atau kelompok picik, yang hanya bisa menjatuhkan, tetapi tidak sanggup berkontribusi penuh baik meluangkan waktu, tenaga, pikiran, apalagi finansial, untuk kebesaran Nasdem.

Arifudin bersama para kader dan pengurus Nasdem Baubau yang semakin solid, bekerja dalam kekompakan, menganggap munculnya oknum/kelompok picik tersebut sebagai barisan hatters (pembenci). Mereka (hatters) sebagai bagian dari dinamika politik, warna-warni yang menghiasi proses perjalanan Nasdem Baubau menuju kejayaan, hadir dengan platform Restorasi, mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Inilah sekilas gambaran pemikiran/pandangan bijak Arifudin, saat ditanya tentang isu pergantian kepengurusan, dan munculnya hatters.

“Kita sikapi secara bijak, dengan terus bekerja, berbuat yang terbaik untuk meraih pencapaian-pencapaian positif demi lebih membesarkan Nasdem. Optimisme kita menjadi pemenang di 2024 semakin kuat,” semangat Arifudin.

Menurutnya, tak perlu menyikapi atau melayani hatters secara berlebihan. Sebab tak ada keistimewaan dalam diri hatters, bahkan cenderung destruktif.

Pelaut yang ulung bukan lahir dari lautan yang tenang, tapi dari lautan dengan ombak yang besar dan badai.

“Kita justru lebih tancap gas, tambah kekuatan, lebih intens dan lebih masif lagi bekerja di lapangan. Fokus pada penyelesaian, penuntasan setiap tugas, instruksi, arahan Ketua DPW, dan DPP,” ucap Arifudin, Sabtu (30/7/22).

Pencapaian Nasdem Baubau

Memimpin sebagai Ketua DPD Partai Nasdem Kota Baubau sejak Tahun 2020, Arifudin membuktikan telah mampu membangun konsolidasi, serta lebih menguatkan soliditas, kekompakan pengurus serta simpatisan Partai besutan Surya Paloh tersebut. Arifudin dilantik berdasarkan Surat Keputusan DPP Partai Nasdem Nomor 441/Kpts/VIII/2020 yang ditandatangani Ketua Umum Surya Paloh dan Sekretaris Jenderal.

Menyadari amanat yang diberikan kepadanya bukanlah hal mudah, Arifudin paham betul bahwa setiap tanggungjawab haruslah dijunjung dengan kinerja tulus, dan dengan kesungguhan hati. Alhasil konsolidasi serta penguatan internal yang dilakukannya selama dua tahun ini, membuahkan tiga prestasi pencapaian yang cukup signifikan.

Diawali dari DPD, dengan mengidentifikasi, mengevaluasi berbagai permasalahan yang harus dibenahi diinternal kepengurusan. Menata kembali struktur, merangkul dan menyolidkannya. Selanjutnya ditingkat DPC, Arifudin bersama kader serta pengurus Nasdem Baubau aktif, melakukan koreksi pengurus yang masih aktif, juga yang sudah setengah hati ber-Nasdem, karena terkendala kesibukan lainnya.

Mengisahkan kilas perjalannya menahkodai Partai pengusung Restorasi di Negeri Syara Patanguna, Arifudin menemukan belum terbentuknya DPRt di  43 Kelurahan Kota Baubau. Iapun segera membentuk kepengurusan seluruh DPRt.

“Sejak mengemban amanah ini, Bismillah saya sudah berkomitmen untuk menuntaskan konsolidasi internal, membentuk kepengurusan di semua tingkatan, sampai akhirnya Nasdem lebih berjaya lagi, memberikan sebesar-besarnya manfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Baubau,” Arifudin menegaskan kembali komitmennya.

Ditemui usai rapat konsolidasi pengurus Nasdem Baubau, Sabtu (30/7/22), pengusaha sukses bidang property ini menuturkan, rapat konsolidasi terjadwal dilakukannya bersama pengurus. Ini juga merupakan salah satu upaya penguatan kelembagaan, dan mempererat silaturahmi dengan para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, keterwakilan gender, tak luput kaum milenial. Arifudin sangat mensuport gagasan kegiatan produktif, peningkatan minat bakat pemuda pemudi, seperti pada bidang olahraga futsal maupun sepakbola.

R e k r u t m e n  e – KTA

Arifudin lantas mereview, enam bulan setelah dirinya dilantik sebagai Ketua DPD Nasdem Baubau, setelah konsolidasi internal, kemudian dirinya diberi tugas untuk melaksanakan rekrutmen e-KTA, bagian dari kewajiban seluruh DPD Nasdem. Lagi-lagi Arifudin mendapati hal mengejutkan, setelah mengkroscek data file e-KTA DPD Nasdem Baubau, yang ternyata hanya diisi 45 orang. Sementara Ia diberi tugas dengan target 2.650 orang dalam rekrutmen e-KTA tersebut.

“Alhamdulillah setelah fokus bekerja selama kurang lebih tiga bulan, kita mencapai kurang lebih 6000 e-KTA. Dengan presentase 214 persen, Nasdem Baubau menjadi ranking I (yang tertinggi) diantara 17 DPD se Sultra,” syukurnya.

Bagi Arifudin, ini adalah salah satu prestasi yang tentu diketahui oleh DPW Nasdem Sultra, juga DPP Nasdem. Indikator pencapaian konsolidasi yang dilakukannya sejak memimpin Nasdem Baubau bersama pengurus yang senantiasa aktif berkontribusi waktu, pikiran, dan tenaga sekalipun.

Atas capaian rekrutmen e-KTA, Nasdem Baubau mendapatkan satu unit ambulance dari DPP Nasdem. Ambulance untuk pelayanan gratis kepada masyarakat selama 24 jam.

Arifudin tak lantas berbangga diri, sebab Ia menyadari bahwa yang dicapai Nasdem Baubau saat ini tak lepas dari arahan serta petunjuk Ketua DPW Nasdem Sultra H Ali Mazi, yang tak lain adalah Gubernur Sultra.

“Masyarakat sangat membutuhkan pelayanan, oleh karena itu Nasdem Baubau turut berpartisipasi menghadirkan pelayanan ambulance gratis tersebut. Tidak hanya untuk wilayah Baubau, melainkan juga daerah sekitarnya. Terima kasih kami ucapkan kepada Ketua DPW, pak H Ali Mazi SH,” ucapnya.

Arifudin juga sangat mengapresiasi antusias serta partisipasi seluruh kader, pengurus tanpa terkecuali. Wabilkhusus bagi mereka yang sangat aktif selama ini mendukung kerja-kerja kepartaian Nasdem Baubau, tanpa mengenal waktu. Sebab, tanpa kerja keras dengan penuh kekompakkan kader, pengurus, sejak era Ketua Toni Herbiansyah, sampai dengan Ketua Ali Mazi, pencapaian gemilang tidak dapat diraih.

Kata Arifudin, bahkan saat ini rekrutmen e-KTA Nasdem Baubau mencapai 215 persen, dan dipastikan masih akan terus bertambah.

R a k o r d a  B e r s a m a

Sebagai seorang yang telah lama malang melintang di dunia politik, Arifudin memahami betul tanggung jawab, serta konskuensi sebagai seorang Ketua DPD Partai. Apapun tugas dan arahan yang diberikan DPW maupun DPP wajib hukumnya untuk disukseskan, dituntaskan.

Arifudin membuktikannya. Era Kepemimpinan Ketua DPW H Ali Mazi, setelah gelaran Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) DPW Nasdem Sultra, Arifudin kembali diberi tugas. DPD Nasdem Baubau ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) bersama empat DPD Nasdem, Baubau, Buton, Buton Selatan, dan Buton Tengah.

Rakorda bersama sukses digelar Nasdem Baubau, yang kala itu dihadiri langsung H Ali Mazi. Arifudin turun langsung mempersiapkan, serta mengkoordinir pengurus dalam menuykseskan Rakorda bersama tersebut.

“Alhamdulillah waktu itu Rakorda dihadiri langsung pak Ketua DPW, berhasil kita selenggarakan. Jadi ini sukses yang kedua, yang tentu saja diketahui oleh pengurus DPW, sebagai bahan evaluasi kinerja,” ungkap Arifudin.

Arifudin mengingat kembali, melalui Rakorwil saat itu, seluruh DPD 17 kabupaten/kota menyampaikan progress kinerja, serta memaparkan target Pemilu 2024. Salahsatunya capaian rekrutmen e-KTA, kemudian evaluasi kelembagaan, kepengurusan DPD sampai tingkat DPRt, dan juga penegasan bagi anggota DPRD yang selalu melaksanakan tugas-tugas sebagai Legislator, ketika ada rapat internal Partai, wajib untuk mereka ikuti.

“Nah ini juga yang kita lakukan evaluasi sekarang. Karena memang ada juga anggota DPRD kami yang jarang ikut rapat. Ini akan kita berikan teguran tertulis,” ujarnya.

S I P O L

Sukses pertama Nasdem Baubau dibawah kepemimpinan Arifudin adalah capaian rekrutmen e-KTA, sukses kedua Rakorda bersama, dan sukses ketiga adalah capaian pemenuhan data Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

“Jadi semua sistem ini terintegrasi sampai ke pusat. Alhamdulilah setelah mempersiapkan selama kurang lebih satu minggu, kita bisa penuhi untuk kelengkapan verivikasi faktual. Nasdem Baubau selalu menjadi yang pertama menyelesaikan tugas-tugas itu,” kata Arifudin.

Optimisme Menangkan Nasdem, Sejahterakan Masyarakat

Setelah sukses menyelesaikan rekrutmen e-KTA, Rakorda bersama, dan pemenuhan data SIPOL, Arifudin kini meyakini untuk mencapai target selanjutnya, yakni memenangkan kontestasi politik 2024. Dengan konsistensi, loyalitas yang tinggi, serta komitmen yang kuat, Iapun mempersiapkan Nasdem Baubau meraih empat kursi keterwakilan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Baubau.

Seperti diketahui, saat ini Nasdem Baubau menempatkan dua anggota DPRD Baubau keterwakilannya. Arifudin menargetkan menambah dua kursi lagi, untuk lebih memaksimalkan memperjuangkan aspirasi masyarakat melalui Lembaga DPRD Baubau. Juga memenuhi persyaratan untuk bisa mengusung Calon Kepala Daerah, Calon Wali Kota Baubau dalam Pemilihan Kepala Daerah 2024 mendatang, yang akan digelar setelah perhelatan Pemilihan Calon Legislatif.

Tak muluk-muluk yang ditargetkan Arifudin, Ia juga memastikan, mempersiapkan kekuatan politik Nasdem Baubau untuk memenangkan anggota DPRD Provinsi keterwakilan Nasdem, dan lebih utama memenangkan anggota DPR RI keterwakilan Nasdem.

Sebagai wujud kesungguhannya, bila tidak mampu menempatkan empat Legislator keterwakilan Nasdem di DPRD Baubau, Arifudin bahkan siap mundur dari jabatan sebagai Ketua DPD Nasdem Baubau.  Tanpa harus melalui evaluasi kinerja sekalipun. Akan tetapi, bila sebaliknya Ia mampu memenangkan Nasdem, dengan menempatkan empat Legislator keterwakilan Nasdem di DPRD Baubau, maka Ia berharap, DPW dan DPP Nasdem mengusungnya sebagai Calon wali Kota Baubau.

“Saya siap nyatakan diri mundur kalau tidak bisa capai empat kursi, karena saya gagal besarkan partai. Tetapi kalau saya berhasil wujudkan empat kursi, saya harap DPW, dan DPP juga bisa merekomendasikan saya sebagai Calon Wali Kota Baubau. Ini komitmen saya membesarkan Nasdem, dan agar bisa lebih memberikan manfaat kepada masyarakat,” tegasnya.

Memastikan mencapai empat kursi Legislator Nasdem di DPRD Baubau, dan kekuatan penuh menghantarkan Legislator Nasdem di DPRD Sultra, dan DPR RI, Arifudin memastikan dirinya siap maju Calon Wali Kota.

Lebih jauh Arifudin menyampaikan, bahwa DPW dapat mengevaluasi kinerja setiap DPD, dengan pertimbangan obyektif, bukan karena informasi negatif yang dihembuskan pihak-pihak yang hendak memecahbelah kekuatan Nasdem yang sudah terbangun selama ini. Apalagi informasi negatif tersebut justru datang dari pihak-pihak yang tidak  aktif lagi ber-Nasdem, yang hanya bermaksud untuk merusak semangat, soliditas, kekompakan pengurus, simpatisan saat ini.

“Kita sudah melaksanakan tugas, dan sukses mencapai e-KTA, Rakorda bersama, dan pemenuhan data SIPOL. Jadi inilah rangkaian konsolidasi kerja kerja kepartaian Nasdem Baubau yang kita lakukan disemua jenjang. Semoga soliditas, kekompakan para kader, pengurus, serta simpatisan Nasdem terus bertumbuh, seiring dengan kejayaan Nasdem, kerja-kerja kerakyatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. [Red]

Baca juga ⬇️



Komentar