oleh

Kembangkan Ternak Ayam, Pemkab Busel Fasilitasi Bimtek

kasamea.com BUTON SELATAN

Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) melalui Dinas Pertanian, memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemeliharaan Ternak Ayam program Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Sumbawa. Dalam rangka pengembangan unggas lokal di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), yang juga sejalan dengan fokus program Dinas Pertanian Busel, pengembangan bidang peternakan.

Bimtek yang berlangsung sehari, Selasa (28/7/20) di Batauga ini, merupakan program Kementerian Pertanian tahun 2020, yang dihadiri langsung
Kepala Balai UPTBPTU Sumbawa, Bagon Khusminandar SP.

Bagon mengatakan, Bimtek perlu digelar agar program dapat dilaksanakan secara cermat, tepat, teliti, sesuai dengan ketentuan. Baik secara teknis maupun administrasi.

Kata Bagon, bibit hewan ternak yang akan didistribusi adalah produksi Balai sendiri. Berupa DOC atau ayam yang baru menetas dengan kwalitas yang sudah teruji. Selain bibit, nantinya juga ada pakan dan obat-obatan.

Ia berharap, pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian, Camat Kepala Desa/Lurah, Pendamping dan Peternak dapat mengembangkan bibit yang terdiatribusi.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan LM Jabal,SPt menambahkan, bahwa Pemprov Sultra melalui Dinasnya, memberi perhatian besar terhadap kegiatan peternakan. Mengingat kebutuhan daging dan telur Sultra yang masih bergantung pada Provinsi Sulawesi Telatan (Sulsel).

Menunjang itu, lanjut Jabal, Pemprov Sultra memberikan bantuan hibah dengan rujukan proposal.

Menurut Jabal, kondisi saat ini kadangkala mengakibatkan pembatalan atau keterlambatan distribusi bantuan.

“Hal ini harap dikomunikasikan, dikoordinasikan dengan secara baik, tanpa ada ketegangan, emosional, apalagi unjuk rasa,” ucapnya.

Bupati Busel, H La Ode Arusani, melalui Kepala Dinas Pertanian Busel, Drs Ec Muh Syafir mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, kepada Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Sumbawa, juga Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, atas perhatian yang diberikan kepada pengembangan peternakan di Busel.

Terselenggaranya Bimtek kali ini, kata Syafir, dapat menjadi referensi berharga, sebagai spirit, motivasi yang dapat memacu masyarakat peternak, dan diharapkan menambah kesejahteraan masyarakat.

“Semoga kedepan Busel bukan hanya mendapat bantuan ternak ayam, tetapi juga sapi, dan hewan lainnya,” harapnya.

Bimtek diikuti peserta, para Camat, Kepala Desa, Lurah, bersama 85 orang warga peternak. Pemateri yang hadir adalah profesional bidang ternak unggas dari Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Sumbawa.

[RED]

Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed