oleh

Khas Semalam Menikmati Alam Desa Waoleona

-Travel-162 views

kasamea.com TRAVEL

“Ambil secukupnya dari alam, karena selalu ada ruang-waktu yang lebih diberikan alam untuk kita”

Dari pesisir Desa Waoleona yang ada di wilayah administratif Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Angin sepoi melambai bersahutan beriring hempasan ombak memecah karang. Udara nan sejuk, nyaman teduh saat tubuh rebah dibawah rindang pohon tua.

Khas pepohonan bakau dengan bebatuan, merupakan corak pesisir pantainya. Perairan lautnya juga masih menyimpan biota melimpah, sehingga tak jarang dijadikan spot pemancingan para penikmat mancing mania dari luar Daerah.

Desa yang puluhan tahun dikenal dengan nama Kakenauwe ini, juga masih menyimpan histori / misteri asal muasal terbentuknya.

Ramah senyum penghuni Desa kian menambah betah untuk lebih berlama-lama mengecap nikmat karunia Illahi. Disini juga ada menu santapan ikan segar yang cukup menggugah selera.

Di Desa Waoleona saat ini telah ada fasilitas dermaga, dan juga tengah dibangun sebuah Puskesmas rawat inap, yang pembangunan tahap awalnya dipastikan tuntas akhir tahun 2020. Disini telah ada proyeksi pembangunan kampus perguruan tinggi swasta (PTS) yang tidak lama lagi akan dibangun. Juga proyeksi pembangunan sebuah pasar tradisional.

Diharapkan, selain peningkatan SDM warga setempat, juga semakin meningkatkan geliat perekonomian.

Belum lagi lahan hutannya yang luas konsisten terjaga secara turun temurun, dengan pola cocok tanam kearifan lokal.

Pemerintah Kabupaten Buton rupanya melirik potensi sebuah kawasan hinterland di Desa Waoleona, yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Buton Utara. Juga ada akses transportasi laut dengan Kabupaten Wakatobi.

~ Selamat berkunjung ~

By LM. Irfan Mihzan

Komentar

News Feed