oleh

Launching Si Polima, Inovasi Pemkot Baubau Tingkatkan Etos Kerja

Launching Si Polima

Kasamea.com

Baubau – Pemerintah Kota Baubau resmi menerapkan Sistem Informasi Penyelenggaraan Organisasi dan Layanan Insentif Manajemen (Si Polima) dalam meningkatkan kwalitas kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH meresmikan launching Si Polima, Senin (4/1/21).

Dengan Si Polima, diharapkan kinerja seluruh ASN bisa lebih termotivasi lagi kedepannya. Dengan menanamkan nilai-nilai PO-5 bagi ASN dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat, menjaga harmonisasi dalam memberikan pelayanan prima.

ASN Kota dituntut untuk memberikan pelayanan yang cepat, tetap, aman, dan nyaman kepada masyarakat. Upaya-upaya kata AS Tamrin, terbingkai dalam nilai-nilai PO-5, agar senantiasa terjadi harmoni. Hubungan timbal balik yang saling mendukung satu dengan yang lainnya.

Menurutnya, bila nilai-nilai PO-5 dapat dilaksanakan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi, Insya Allah apa yang dicita-citakan bersama, dapat terwujud dalam suasana penuh kebersamaan dan kekeluargaan. Tanpa menghilangkan nilai-nilai profesionalitas.

“Termasuk penyelenggaraan pemerintahan dengan prinsip-prinsip good governance dan clean government,” kata AS Tamrin.

Sebuah kebahagiaan tersendiri bagi Wali Kota yang memimpin periode kedua ini, sebab Si Polima dilaunching tepat pada hari kerja pertama ditahun 2021, sekaligus menandai sebuah inovasi Pemerintah Kota Baubau dalam penyelenggaran pemerintahan.
Khususnya dalam upaya meningkatkan etos dan kedisiplinan kerja, juga paralel dengan peningkatan kesejahteraan bagi ASN.

Inovasi tersebut adalah digunakannya aplikasi elektronik tunjangan kinerja yang disebut dengan nama aplikasi Si Polima ASN.

Aplikasi yang didalamnya terdiri atas tiga pokok penting, yakni sistem absensi kepegawaian berbasis android; kedua, sistem penginputan aktivitas kinerja ASN berbasis android; dan sistem validasi pekerjaan oleh pimpinan unit kerja juga berbasis android.

Ketiga komponen ini merupakan isyarat bahwa penggunaan teknologi informasi menjadi mutlak adanya dalam penyelenggaraan pemerintahan, dan pelayanan kepada masyarakat Kota Baubau.

“Mudah-mudahan ini pula merupakan langkah awal mewujudkan Baubau menuju Kota bernuansa Smart City,” ungkap AS Tamrin.

AS Tamrin menyadari, sebagai terapan baru dalam Pemerintahan Kota Baubau, aplikasi Si Polima perlu dievaluasi secara berkelanjutan. Terlebih ASN baru, dan belum terbiasa menerapkannya.

Oleh karena itu, AS Tamrin menghimbau, agar para ASN mulai membiasakan diri, sebagai upaya untuk meningkatkan kedisiplinan kerja, dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Si Polima juga harus didukung dengan infrastruktur dan suprastruktur daerah, seperti; ketersediaan jaringan internet di semua wilayah Kota Baubau.

“Ini benar-benar harus dipantau dan dibenahi, agar aplikasi ini bisa berjalan dengan baik. Atas hal tersebut, bukan berarti menyurutkan langkah kita, tetapi menjadi motivasi besar untuk menjadi lebih baik”, spiritnya.

AS Tamrin menginstruksikan, agar Si Polima tetap ada back up sistem manual, untuk mengantisipasi adanya kendala-kendala tak terduga, khususnya pada bulan-bulan pertama penerapannya. Agar bisa berjalan dengan baik, dan tidak menimbulkan kepanikan bagi ASN.

AS Tamrin meminta komitmen bersama seluruh ASN untuk menjadikan aplikasi Si Polima sebagai bagian utama dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada seluruh masyarakat Kota Baubau.

“Atas ikhtiar kita hari ini, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya untuk semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini,” ucap AS Tamrin.

Launching Si Polima dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Dr Roni Muhtar M Pd, Staf Ahli dan Asisten Setda Kota Baubau, juga para kepala Organisasi Pemerintahan daerah (OPD), dan seluruh Camat lingkup Pemerintah Kota Baubau.

(Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau)

[RED]

Komentar

News Feed