oleh

Pemkot Bau-Bau Sosialisasi Go Digital

BAU-BAU

Pemerintah Kota Bau-Bau melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menggelar Sosialisasi Go Digital, mengajak masyarakat dalam Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan.
Sosialisasi digelar di aula kantor Kecamatan Sorawolio.

Sosialisasi yang diikuti unsur Pemerintah Kelurahan, kecamatan, juga unsur masyarakat digelar guna meningkatkan sistem kinerja yang baik dan cepat dalam pelayanan administrasi kependudukan. Terlebih diera modernisasi saat ini, dengan semakin berkembangnya ilmu teknologi dan komunikasi.

Melalui Sosialisasi, Jumat (19/9), Wali Kota Bau-Bau Dr H AS Tamrin MH mengimbau seluruh aparatur Pemerintah Kelurahan, Kecamatan agar lebih mengoptimalkan pengaplikasian sistem digitalisasi. Ia berharap, dengan sistem digitalisasi, dapat lebih memudahkan masyarakat dalam mengurus, melengkapi administrasi kependudukan.

“Kedepannya kita harapkan masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi mengurus ke Dinas Dukcapil, cukup melalui kantor Kelurahan saja. Dari kelurahan inilah yang kemudian data-data valid dari masyarakat tersebut dikirim ke Dinas Dukcapil, dan selanjutnya dari Dinas Dukcapil baru data tersebut diolah kembali, dan dikirim langsung ke Pusat,” kata AS Tamrin.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bau-Bau La Ode Muslimin Hibali mengungkapkan, dengan adanya sistem IT ini, masyarakat lebih dimudahkan dalam sistem pelayanan Kependudukan.

“Maka untuk itu kami lebih menekankan kepada pembentukan SDM yang kompeten dalam sistem IT ini. Terutama untuk aparatur kantor Kelurahan, dan Kecamatan,” jelasnya.

Selain fokus pada peningkatan SDM, untuk menunjang peningkatan pelayanan administrasi kependudukan berbasis digital ini, Dinas Dukcapil akan menempatkan peralatan, seperti alat perekam, komputer, disetiap kantor Kelurahan.

Muslimin menambahkan,Tahun 2020 Dinas Dukcapil memprogramkan pelayanan administrasi kependudukan keliling. Akan menyiapkan mobil yang didalamnya dilengkapi fasilitas pelayanan administrasi kependudukan, sesuai keperluan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan. Untuk itu Dinas Dukcapil mengusulkan anggaran Rp 750juta dalam APBD Kota Bau-Bau Tahun Anggaran 2020.

“Mudah-mudahan disetujui oleh DPRD Kota Bau-Bau. Tetapi kalau tidak disetujui, kita adakan yang biasa saja,” tuturnya.

[MG6 – editor LaMIM]

Komentar

News Feed