Sat Intelkam Polres Baubau Pantau Persiapan Pesta Adat Kande-kandea

Personil Sat Intelkam Polres Baubau berpose bersama Panitia Kande-kandea di Desa Baruta

Buton Tengah

Satuan Intelijen dan Keamanan (Sat Intelka) Kepolisian Resort (Polres) Baubau, menyambangi Panitia Acara Halalbihalal dan Pesta Adat Kande-kandea Desa Baruta Kecamatan Sangia Wambulu Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Pra kondisi sebelum hari pelaksanaan acara, Sat Intelkam juga memantau kesiapan Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dan masyarakat setempat.

Dipimpin Kanit III Sat Intelkam Polres Baubau, La Ode Yusrin SH MH, bersama anggotanya, bertemu Ketua Panitia Penyelenggara, Fauzi SP. Pertemuan berlangsung, Selasa (10/5/22), mengkoordinasikan tentang kesiapan Pemkab Buteng, dalam menghadapi giat Adat Kande-kadea dimaksud.

Fauzi pun memaparkan, bahwa Halalbilhalal, Fumaa-Fumaa, merupakan acara Adat yang rutin digelar masyarakat Sangia Wambulu, khususnya di Desa Baruta, setiap tahun, usai Hari Raya Idul Fitri.

Menyambutnya, Pemerintah Desa Baruta telah melakukan rapat bersama dengan seluruh unsur, yaitu pihak Panitia, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, serta perwakilan masyarakat. Dan telah disepakati tahun ini akan dilakukan kegiatan acara halalbilhalal dan Kande-kandea.

Fauzi menjelaskan, acara Halal Bilhalal Pesta Adat Kande-kandea tahun ini akan dirangkaikan dengan kegiatan/hiburan berupa Pentas Seni, Futsal, Bola Gotong, Balap Katinting, Lomba Dayung, Tarik tambang, Lomba Adzan, Lomba Wudhu, Lomba Sholat, dan Lomba Menghafal Surah Pendek.

Acara yang penuh dengan hikmad kebersamaan, kekeluargaan ini, rencananya akan dihadiri pejabat Pemerintah Daerah, Bupati Buteng, Anggota DPRD Buteng, Kapolres Baubau, Dandim 1413/Buton, Sekda Buteng, dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pihak Panitia Halalbilhalal / Pesta Adat Kande-Kandea Desa Baruta Kecamatan Sangia Wambulu akan melakukan koordinasi dengan pihak keamanan, yaitu Polres Bau Bau. Untuk meminta bantuan agar dilakukan pengamanan. Sehingga tidak terjadi gangguan kamtibmas, dan seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik, dan tercipta situasi kamtibmas yang kondusif, serta mematuhi protokol kesehatan covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah. [Red]

Komentar