oleh

Usulan Pembentukan Kepton, DPR RI Janjikan Ini…

JAKARTA

Komisi II DPR RI berjanji akan segera mengagendakan pertemuan bersama Pemerintah Pusat, guna menindaklanjuti hasil Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) membahas pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang digelar siang hingga sore hari ini, Senin (16/12/19) di ruang rapat Komisi II DPR RI, Jakarta. Terkait Kepton, RDPU dihadiri Sultan Buton H LM Izat Manarfa bersama perangkat adat Lembaga Kesultanan Buton, Ketua Komite Nasional Percepatan Pembentukan Provinsi Kepton (KNP3-Kepton) Alimudin, Wakil Wali Kota Bau-Bau La Ode Ahmad Monianse, Wakil Bupati Buton Iis Elyanti, serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda Sultra, Kepton.

Rapat awalnya dipimpin Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia Tanjung yang merupakan politisi Partai Golkar, dan kemudian lanjut dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPR RI Komarudin Watubun.

Legislator PDIP ini memastikan, pihaknya merespon positif aspirasi masyarakat yang sejak belasan tahun disuarakan, sekaligus merindukan lahirnya DOB di wilayah masing-masing. Kata Komarudin, aspirasi lahirnya DOB merupakan hak konstitusi rakyat, yang tentu saja seiring dengan harapan pemerataan pembangunan, serta mendekatkan pelayanan, yang bertujuan sepenuhnya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Harus segera dibahas secara serius bersama pemerintah, karena ini adalah hak konstitusi rakyat Indonesia,” tegasnya, meyakinkan.

Seperti diketahui, usulan pemekaran Kepton selama ini terkendala kesepakatan Pemerintah bersama DPR RI yang berbuah moratorium. Dengan digelarnya RDPU, diharapkan, dapat mendorong dicabutnya kebijakan moratorium tersebut.

Dalam RDPU, Sultan Buton meminta kepada Komisi II mewujudkan harapan besar masyarakat Kepton yang telah sekian lama tertunda. Sultan Buton kala itu juga mengurai singkat histori sejarah bergabungnya Kesultanan Buton kedalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Termasuk, meyakinkan berbagai kekayaan potensi yang terkandung dalam belahan bumi Kepton.

Ditengah jalannya RDPU, Sultan Buton menyerahkan usul RUU Pembentukan Provinsi Kepton, juga Naskah Akademik. Tak lupa, Sultan Buton juga menyerahkan cenderamata berupa Kampurui kepada Ahmad Doli Kurnia Tanjung, dan Komarudin Watubun, yang membuat suasana menjadi ceria, diisi candaan Komisi II, serta undangan rapat yang hadir.

Wakil Bupati Buton Iis Elyanti juga menguraikan berbagai potensi Kepton, khususnya di Buton yang memiliki kandungan aspal kwalitas terbaik, dengan cadangan kwantitas jutaan ton, yang masih dapat digunakan selama puluhan tahun kedepan. Ia menyinggung tentang Butonas, yang sebelumnya juga telah dipresentasekan langsung oleh mantan Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun dihadapan Pemerintah Pusat.

[RED]

Komentar

News Feed