oleh

Waow… 1/4Milyar Untuk Wirausahawan Pemula Baubau

BAUBAU

Angin segar bagi dunia Usaha di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara, sebanyak 16 Wirausahawan pemula akan menerima Bantuan Dana Hibah dari Pemerintah Pusat. Tidak tanggung-tanggung, masing-masing pelaku usaha mandiri ini dipastikan akan menerima Rp12juta.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pembiayaan dan Simpan Pinjam Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Baubau, Drs Rusdin MSi saat ditemui di kantornya, Jum’at (12/7).

Kata Rusdin, bantuan Dana Hibah bagi Wirausahawan pemula di Kota Baubau merupakan yang terbanyak se-Indonesia

“Syukur alhamdulillah, Kota Baubau loloskan 16 Wirausahawan muda untuk mendapatkan bantuan sekitar seperempat milyar, dan ini yang terbanyak di Indonesia,” tuturnya, wujud rasa syukur dan bangga.

Rp12juta akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing Wirausahawan penerima Bantuan Dana Hibah tersebut, tanpa melalui perantara, Dinas Koperasi dan UKM sekalipun.

“Ini pertama kali Wirausahawan kita dapatkan modal usaha tanpa pengembalian, karena biasanya ada bantuan modal, tetapi ada pengembalian seperti dana Kredit Usaha Rakyat (KUR),” jelasnya.

Rusdin juga mengucapkan terimakasih atas perhatian Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MSi, Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse, Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr Roni Muhtar MPd, serta para Dosen Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Buton.

Kata Rusdin, berkat sokongan dana Rp20Juta dari Pemerintah Daerah, pihaknya dapat membekali, serta memberi pendampingan kepada Wirausahawan. Termasuk dalam pembuatan proposal, pihaknya banyak melibatkan Dosen Akuntansi Universitas Muhammadiyah Buton.

Ini juga kata dia, sebagai bentuk kinerja Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau dalam memberdayakan Wirausahawan. Untuk mengurangi angka pengangguran di daerah pencetus Sara Pataanguna ini.

“Bayangkan kalau Pemerintah yang memikirkan semua lapangan kerja untuk pengangguran, makanya kami dorong Wirausahawan untuk menjaring tenaga kerja. Sehingga memangkas angka pengangguran di Baubau,” urainya.

Ia berharap, para Wirausahawan Pemula dapat menggunakan dana ini sebaik-baiknya, sesuai dengan apa yang tercantum dalam proposal.

“Jangan dikurangi atau dilebihkan apa yang ada dalam proposal, harus sesuai,” pesannya kepada para Wirausahawan penerima Bantuan Dana Hibah.

Selanjutnya, Selasa (16/7) Tim dari Kementerian akan datang untuk mengumpulkan berkas lanjutan.

[RIDWAN – editor LAMIM]

Komentar

News Feed