oleh

2 Tuntutan Mahasiswa dan Apresiasi Untuk Ketua DPRD Bau-Bau

BAU-BAU

1 Oktober 2019 anggota DPRD Kota Bau-Bau diambil sumpahnya dalam pelantikan, di gedung DPRD Kota Bau-Bau yang baru di bukit Parlemen. Penuh haru, betapa sakralnya prosesi pelantikan para Wakil Rakyat ini bertepatan dengan momentum peringatan hari Kesaktian Pancasila.

Disela-sela prosesi pelantikan, ratusan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Kepton Bersatu, melakukan aksi unjuk rasa. Aksi damai ini merupakan luapan kepedihan dan keresahan atas kondisi Bangsa Indonesia.

Aliansi Pemuda Kepton Bersatu beranggotakan 9 Lembaga: HMI, IMM, GMNI, LMND, BEM Unidayan, BEM UM Buton, BEM Politeknik Bau-Bau, BEM STIKIP Pelita Nusantara dan BEM IST. Salah satu titik aksi unjuk rasa, di kantor DPRD Kota Bau-Bau. Disini mereka meminta komitmen Wakil Rakyat dalam mengawal setiap aspirasi masyarakat.

2 Tuntutan Mahasiswa :

  1. Meminta DPRD Kota Bau-Bau menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang. Sebab DPRD Kota Bau-Bau periode keanggotaan sebelumnya, jarang menemui Mahasiswa, ketika hendak menyampaikan aspirasi. Selain itu juga, Aliansi Pemuda Kepton Bersatu juga sangat prihatin atas tidak dilakukannya pembahasan APBD-P 2019 Kota Bau-Bau.
  2. Meminta DPRD Kota Bau-Bau untuk meneruskan/mengirimkan Pernyataan Sikap Aliansi Pemuda Kepton Bersatu kepada Mabes Polri (terkait dugaan tindakan represif aparat Kepolisian dalam mengawal jalannya aksi unjuk rasa diberbagai Daerah, dan secepatnya mengungkap wafatnya dua aktivis Mahasiswa di Kota Kendari). Selain itu, Pernyataan Sikap Aliansi Pemuda Kepton Bersatu juga berisi penolakan Mahasiswa terhadap revisi berbagai Undang-Undang yang tidak pro Rakyat.

Aliansi Pemuda Kepton Bersatu mengungkapkan apresiasi kepada Ketua DPRD Kota Bau-Bau H Zahari. Usai dilantik, Zahari langsung menemui massa aksi. Zahari bahkan langsung menjawab tuntutan Mahasiswa, dengan menyatakan sikap mendukung, serta akan memfasilitasi aspirasi Aliansi Pemuda Kepton Bersatu.

Zahari kala itu dengan lantang dan tegas menyampaikan langsung sikapnya dihadapan massa aksi, langsung dari atas mobil pengeras suara (sound system).

“Menemui langsung demonstran pasca dilantik itu merupakan sebuah bukti, bahwa beliau (H Zahari) akan selalu ada saat dikunjungi ataupun dibutuhkan masyarakat. Kami berharap, agar hal itu tidak terjadi hanya pada saat hari pelantikan, tetapi sampai 5 tahun masa jabatan ini,” tulis Ketua Umum HMI Cabang Bau-Bau La Ode Rizki Satria, Rabu (2/10/19) malam.

(Sumber: Rilis Pers HMI Cabang Bau-Bau)

[RED]

Komentar

News Feed