oleh

7.582 Siswa SD, 5.061 Siswa SMP di Wakatobi Penerima PIP dan BSM

WAKATOBI

Pemerintah Kabupaten Wakatobi melalui Dinas Pendidikan (Dikbud) terbilang sukses dalam menyalurkan bantuan pendidikan, baik bantuan melalui Program Indonesia Pintar (PIP), maupun Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Pada tahun pelajaran 2018/2019 lalu, sebanyak 962 siswa SD telah tersentuh program BSM, dan 6.620 siswa penerima manfaat PIP. Total penerima manfaat sebanyak 7.582 dari total 12.129 siswa SD yang tersebar di Wakatobi. Angka presentase pencapaian, 61 persen siswa SD kurang mampu di Wakatobi telah tersentuh kedua program Pemerintah ini. Artinya, 39 persen siswa SD tidak menerima program karena dinyatakan mampu.

Ditahun yang sama, 539 siswa SMP penerima BSM. Untuk PIP 4.522 siswa penerima. Total penerima BSM dan PIP sebanyak 5.061 dari 6.024 siswa SMP se- Wakatobi. Dengan capaian 82 persen siswa SMP kurang mampu di Wakatobi juga telah menerima BSM dan PIP.

Kepala Dikbud Kabupaten Wakatobi La Ali Wangi menerangkan, sejauh ini dibawah koordinasi Bupati Wakatobi H Arhawi SE, dirinya akan terus memastikan penerima manfaat program bantuan adalah siswa yang keluarganya kurang mampu. Artinya, agar kedua program Pemerintah tersebut tepat sasaran, guna membantu biaya pendidikan siswa yang kurang mampu.

“Setelah masuk data kita klarifikasi, karena terkadang data yang masuk itu bobol. Maksudnya, kalau siswa yang sudah menerima PIP tidak bisa lagi mendapat bantuan BSM, begitu juga sebaliknya,” kata La Ali Wangi ditemui beberapa waktu lalu di ruang kerjanya. [MG – editor LAMIM]

Komentar

News Feed