oleh

Apresiasi dan Instruksi Tegas AS Tamrin Dalam Rakor Penanganan Covid-19

kasamea.com BAU-BAU

Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH mengapresiasi kinerja Tim Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Kota Baubau, yang selama beberapa pekan ini terus bekerja maksimal, tanpa mengenal waktu, siang malam, bahkan subuh pun, terus bekerja untuk masyarakat. Tak lupa Wali Kota Baubau periode kedua ini mengungkapkan apresiasinya, atas peran aktif Komando Distrik Militer (Kodim) 1413/Buton, dan Kepolisian Resort (Polres) Baubau, yang terus menghadirkan rasa aman bagi seluruh masyarakat Kota Baubau, dan juga terus melakukan upaya konkrit dalam mencegah penyebaran Covid-19 di negeri khalifatul khamis.

Apresiasi ini diungkapkan AS Tamrin saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) di Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Baubau, Minggu 5 April 2020. Rakor khusus membahas penanganan pencegahan penyebaran Covid-19.

Pencetus PO-5 ini mengatakan, telah menginstuksikan kepada seluruh Camat dan Lurah, untuk berperan aktif dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19, di wilayah tugas masing-masing, hingga ditingkat RT. Menggalakkan sosialisasi social dan physical distancing, seperti yang diamanatkan Pemerintah Pusat, utamanya agar warga tidak berkumpul, menjaga jarak, dan cara lainnya untuk mencegah penyebaran covid-19.

“Camat dan Lurah juga harus aktif memantau warga yang masuk di lingkungannya. Termasuk memastikan agar isolasi diri dapat dilakukan dengan efektif, manakala ada warganya yang berstatus ODP (Orang Dalam Pementauan),” tegasnya.

Dalam memberi pengarahan, AS Tamrin juga menyinggung, agar, baik Camat maupun Lurah, aktif memantau acara pernikahan, atau hajatan lain. Agar dapat dipertimbangkan, sebab masih dalam situasi pencegahan Covid-19. Kata dia, giat atau acara hajatan boleh dilakukan, apabila hanya penyelenggaraan inti acara, seperti akad nikah, dengan catatan tak boleh menggalang, atau dihadiri massa.

“Kalau ada tempat-tempat yang rentan dan menjadi pintu keluar masuknya orang seperti tempat wisata, maka Camat dan Lurah dapat memantau, dan melaporkan ke gugus tugas. Bila perlu boleh ditutup sementara,” katanya.

AS Tamrin juga menyampaikan, Gugus Tugas Covid-19, selain bertugas melakukan pencegahan, juga berperan memberikan informasi yang resmi melalui Juru Bicara/Jubir.

Dalam kesempatan itu, AS Tamrin meminta kepada Imam Masjid Agung Keraton Buton, untuk mengagendakan waktu, dapat memimpin doa dari Masjid Agung Keraton Buton, secara serentak dengan masyarakat Kota Baubau.

Menginformasikan tentang harga kebutuhan pokok, juga harga kebutuhan lainnya, AS Tamrin menjelaskan, Pemerintah Kota sudah beberapa kali melakukan sidak (inspeksi mendadak), dan memastikan, sidak serupa akan rutin dilakukan, guna mengantisipasi fluktuasi harga, juga praktek tidak terpuji dari para spekulan. Ia berharap, agar distributor mengacu pada aturan atau Standar Operational Prosedur (SOP) yang ada.

“Bulog juga sudah drop beras ke warga melalui kantor Kelurahan, dibantu RT dan RW supaya teratur,” tuturnya.

Mantan pejabat penting ditubuh Badan Pertanahan Nasional (BPN) ini juga mengulas tentang momentum berharga umat Islam, yakni bulan suci Ramadhan. Dirinya menyadari, menjelang bulan puasa, berbagai barang / bahan, kebutuhan primer, juga kebutuhan sekunder kerap mengalami fluktuasi harga. Karena itu, sejak dini Ia meminta, seluruh pihak untuk tidak terpengaruh dengan upaya pihak tertentu yang dapat mempengaruhi harga pasar, dan hendaknya dapat diantisipasi, agar tak ada warga yang dirugikan.

Selain itu, AS Tamrin menuturkan, penyemprotan di tempat-tempat umum sudah berjalan, dan akan terus dilakukan secara berkala.

Kala itu, Sekreataris Daerah Kota Baubau, Dr Roni Muhtar MPd menyarankan, agar bila ada Alat Pelindung Diri (APD) yang bisa dijahit, maka sebaiknya memberdayakan penjahit lokal, dengan syarat harus sesuai dengan standar yang ada. Kata dia, berdasarkan laporan Direktur Utama RSUD Baubau, dr Nuraeni Djawa per 5 April 2020, APD cukup tersedia, dan yang lainnya sementara dalam proses pengiriman.

Kata Roni Muhtar, dari Kepala Dinas Kesehatan Baubau, Dr Wahyu, Ia menerima laporan tentang kesiapan APD untuk Puskesmas se-Kota Baubau, yang saat ini masih cukup, dan sebagian juga dalam proses pengiriman, serta pemesanan melalui penyedia.

Hadir dalam Rakor, Wakil Wali Kota Baubau, Ketua DPRD Kota Baubau, Kapolres Baubau, bersama unsur Forkopimda, Kepala-Kepala OPD, Distributor Sembako, Anggota Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 Kota Baubau, perwakilan pedagang atau pelaku pasar, serta unsur terkait lainnya. (Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau)

[RED]

Komentar

News Feed