Binongko Listrik 24 Jam, Haliana: “Alhamdulillah Berkat Doa Masyarakat”

Wakatobi

Layanan listrik 24 jam di pulau Binongko resmi dioperasikan, ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Bupati Wakatobi, H Haliana, didampingi General Manager PLN SulselRabar, Moch Andy Adchaminoardin. Peresmian dirangkaikan dengan doa bersama masyarakat, di lapangan Lamedadi, Kecamatan Binongko, Minggu (3/12/2023).

Lagi-lagi Haliana membuktikan komitmennya, menghadirkan pemerataan pembangunan, pemerataan pelayanan di seluruh wilayah cakupan daerah pemilik surga bawah laut tersebut. Ia menjawab kritik maupun cemoohan dengan terus fokus bekerja, dalam pengabdiannya sebagai orang nomor 1 di Wakatobi.

Menghadirkan listrik 24 jam di pulau terluar Wakatobi, Pemkab Wakatobi mengadakan 2 unit mesin diesel, yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Wakatobi 2023, untuk penambahan mesin di PLTD pulau Binongko.

Haliana mengatakan, pengoperasian layanan listrik 24 jam ini merupakan kado istimewa untuk warga pulau Binongko, dihari jadi Wakatobi ke- 20, 18 Desember 2023.

“Ini melewati proses perjuangan yang panjang, bahkan beberapa oknum mengatakan janji politik Pemkab Wakatobi untuk merealisasikan listrik siang – malam di pulau Kaledupa dan Binongko tidak akan terjadi. Tapi alhamdulilah, berkat doa masyarakat semua, hari ini kita meresmikan pengoperasian listrik 24 jam di pulau Binongko ini,” ungkap Haliana.

Binongko yang awalnya kurang tersentuh dengan infrastruktur, lanjut Haliana, kini diperlakukan sama dengan pulau lainnya.

Program listrik 24 jam direalisasikan, jalan lingkar aspal hotmix pulau Binongko masuk melalui dana Inpres.

Iapun berharap, semoga dengan hadirnya listrik 24 jam, bisa menggeliatkan kegiatan usaha masyarakat. Proses pembuatan parang tidak lagi kesulitan listrik, kegiatan perikanan sudah bisa menggunakan cold storage.

“Begitu pula dengan aktivitas pelayanan kesehatan di Puskemas, dan kegiatan-kegiatan lainnya, dibidang pendidikan, seperti sekolah, bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

General Manager PLN SulselRabar, Moch Andy Adchaminoardin, mengapresiasi komitmen dan sinergitas yang dibangun bersama Pemkab Wakatobi, untuk merealisasikan listrik 24 jam di pulau Kaledupa dan Binongko.

Ia menitip harapan, agar warga Binongko bersama-sama menjaga pengoperasian layanan listrik ini dengan baik.

“Artinya terkait dengan keandilan pembangkit itu sendiri, keandilan jaringan itu sendiri, dan tentunya kepatuhan masyarakat untuk menyelesaikan tagihan listriknya,” harapnya. (Redaksi)