BPKP Sultra Gelar Rakor 2022

Kendari

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama seluruh Pemerintah Daerah dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di wilayah Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Daerah (Rakorwasinkeubangda) dengan tema “Sinergi Pengawasan Intern dalam Mengawal Kontribusi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Sulawesi Tenggara”.

Rapat digelar di aula Merah Putih rumah jabatan Gubernur Sultra, Selasa (6/9/22).

APBN/D merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia, berperan menjalankan fungsi stabilitas dalam penanganan krisis. Perlu komitmen yang tinggi dan keberpihakan kepada UMKK yang merupakan pelaku ekonomi terbesar di masyarakat. Penggunaan produk dalam negeri penambah daya dorong pembangunan ekonomi masyarakat.

Rapat bertujuan membangkitkan komitmen seluruh kepala daerah dan APIP untuk menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,
sebagaimana diinstruksikan Presiden RI Bapak Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama BPKP Ernadhi Sudarmanto menekankan, BPKP sebagai mitra pemerintah pusat maupun daerah, mengajak Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara berkoordinasi dan bersinergi,
melaksanakan pengawasan P3DN sebagaimana amanat dari Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 700/2327/IJ tanggal 25 Agustus 2022 tentang Pelaksanaan Reviu P3DN.

“Pemerintah daerah tetap perlu mengawal kebijakan P3DN hingga mencapai tujuan akhirnya secara akuntabel dan sustainabel,” ujar Ernadhi.

Sementara itu, Gubernur Sultra H Ali Mazi SH dalam sambutannya juga menyampaikan pembelian produksi dalam negeri dapat meningkatkan
penyerapan tenaga kerja serta mengurangi pengangguran. Hal ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Presiden juga meminta agar APIP turut mendukung pengawasan P3DN seperti yang tertuang dalam Intruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam Rangka Menyukseskan “Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia” pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Rapat menghadirkan narasumber Inspektur Wilayah III Kemendagri Elfin Elyas, Wakil Ketua KADIN Sultra Sastra Alamsyah, Kepala Dinas Perindag Sultra Siti Saleha, dan Plt Kepala Perwakilan BPKP Sultra Wahyu Hartono. [Red]

Komentar