oleh

“Bukan Sulap Jembatan Emas dan Jembatan Bahtera Sriwijaya”

kasamea.com BAUBAU

Dari Jembatan Emas sepanjang 784 Meter, ikon di Provinsi Bangka Belitung, yang menghubungkan Pangkal Pinang menuju Pantai Timur Bangka.

Pembangunan Jembatan Emas dimulai sejak 2010 dan terhenti. Pembangunan baru dilanjutkan kembali 2015, dan diresmikan 2018, berbiaya Rp 400 Milyar, jembatan dengan sistem bascule (jungkit), untuk mendukung lalu lintas kapal di Sungai Batu Rusa menuju pelabuhan Pangkalan Balam dan merupakan bagian dari pembangunan Pariwisata Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang sebagai 10 Bali Baru.

Jembatan Bahtera Sriwijaya

Saat ini sedang dilakukan perencanaan pembangunan Jembatan Bahtera Sriwijaya (JBS), yang menghubungkan Pulau Sumatera dengan Kepulauan Babel. Jembatan sepanjang 1,3 KM, yang melintas diatas Selat Bangka akan dimulai 2021, dan beroperasi 2023.

Selama ini penduduk kedua Provinsi banyak menggunakan transportasi laut dengan waktu tempuh +/- 12 jam. Dengan adanya JBS, waktu tempuh hanya akan menjadi beberapa menit.

Selain akan menumbuhkan ekonomi dikedua Provinsi, juga akan membuat pergeseran Pasukan Kodam II Sriwijaya ke Babel semakin cepat.

(Sumber: Komunitas Bina Marga dkk)

[RED]

Komentar

News Feed