oleh

“Cair mi” BLT 1.132 KK di Kota Baubau

-Baubau, Berita-1.267 views

kasamea.com BAU-BAU

Dari jumlah kuota 6.045 Kepala Keluarga (KK) penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan Pemerintah Pusat untuk Kota Baubau, dana BLT sebanyak 1.132 KK sudah tersalur di dua Bank, yakni, Bank Nasional Indonesia (BNI 46) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Para KK yang berhak menerima BLT tersebut sudah bisa melakukan transaksi penarikan dana didua Bank tersebut.

Diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kota Baubau, Abdul Rajab, pihaknya sudah mengkonfirmasi telah tersalurnya dana tersebut, termasuk telah adanya beberapa KK penerima BLT, yang sudah menarik uangnya.

BLT ini kata Abdul Rajab, untuk tiga bulan, April-Mei-Juni, dan diberikan per bulannya Rp 600.000 per KK penerima.

Dinas yang dipimpinnya, melalui Fasilitator Kesejahteraan Sosial juga tengah menyosialisasikan hal ini kepada penerima BLT, agar mengecek di kedua Bank tersebut diatas.

“Apa persyaratannya dari Bank, secara teknis bisa diketahui di Bank yang bersangkutan. Apakah membuka rekening baru, atau bisa dengan rekening yang lama, itu berurusan di Bank,” terang Abdul Rajab, dikonfirmasi di kantornya, Rabu (6/5/20) .

Didampingi dua Kepala Bidang, dalam suasana physical distancing saling menjaga jarak, dan memakai masker, Abdul Rajab memastikan, pihaknya telah mengirimkan data lengkap 6.045 KK kepada Pemerintah Pusat, selanjutnya, Pemerintah Pusat yang melakukan verifikasi, validasi. Dan saat ini, kata dia, yang sudah tersalur dana untuk 1.132 KK penerima BLT.

Abdul Rajab menambahkan, dana BLT ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dan BLT yang tersalur saat ini merupakan tindak lanjut, atau realisasi dari Data Kemiskinan Terpadu yang telah lama dikirimkan Pemerintah Kota Baubau kepada Pemerintah Pusat.

Ia juga menegaskan, dana BLT yang sudah tersalur untuk 1.132 KK ini, tidak ada sangkut paut dengan pendataan masyarakat rentan terdampak corona virus disease (covid-19), yang belum lama ini dilakukan, dan sudah dikirim ke Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara.

[RED]

Komentar

News Feed