oleh

Dispar Baubau Latih 40 Pemandu Wisata Selam

Sekretaris Daerah Kota Baubau, Dr Roni Muhtar MPd membuka Pelatihan Pemandu Wisata Selam yang digelar Dinas Pariwisata Kota Baubau

Kasamea.com BAUBAU

Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Pariwisata melatih 40 Pemandu Wisata Alam. Dengan Semangat PO-5 Menuju New Normal, Pelatihan resmi dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Dr Roni Muhtar MPd, di aula salah satu Hotel di Kota Baubau.

Roni Muhtar mengatakan, Pemkot terus berupaya menggenjot sektor Kepariwisataan, agar bisa menjadi salah satu trigger geliat perekonomian, meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Kata Roni, Kota Baubau memiliki kekayaan potensi yang tak kalah dari daerah lainnya. Sehingga Pemkot tak bisa hanya sendiri dalam pengelolaannya, butuh sinergi dengan stakeholder, khususnya pelaku wisata, Pemandu Wisata.

Khususnya potensi bawah laut dan gua, dibutuhkan Pemandu Wisata berkompeten dan profesional, yang dapat memandu para Wisatawan yang hendak menikmati potensi Anugerah Illahi yang terhampar di Baubau.

Roni meyakini, pelatihan yang digelar 2 – 6 November 2020, dengan metode sehari teori dan sisanya praktek.

Roni berharap, seluruh peserta dapat menyerap dengan baik seluruh materi yang diberikan insruktur. Agar dapat mengaktualisasikan kedalam dunia Kepariwisataan.

Roni mengungkapkan, Pemkot mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk peningkatan sektor Pariwisata. Termasuk pada APBD 2021. Namun begitu, tak bisa hanya mengandalkan APBD.

Roni mensyukuri, Pemkot melalui Dinas Pariwisata mendapatkan anggaran dari Pemerintah Pusat, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Ketua Kosgoro Sultra ini menambahkan, peserta mengikuti pelatihan karena hobby dan dapat pula menjadi salah satu aktivitas sumber perekonomian.

“Untuk bisa terwujud, harus betul-betul menguasai dan profesional dalam perannya sebagai Pemandu Wisata. Karena itu harus fokus betul, konsisten. Agar bisa diaktualisasikan sebagai Pemandu Wisata,” terang Roni Muhtar.

Ia berharap, Pemandu Wisata terlatih, dapat membantu Pemkot memasarkan Spot Spot Wisata Selam yang ada di Baubau. Agar meluas, mendunia, dan dapat meningkatkan anymo Wisatawan plesiran di Negeri Khalifatul Khamis.

“Kita sinergi, Pemkot menyiapkan segala infrastruktur, Pemandu Wisata profesional membantu memasarkan dan menciptakan kesan terbaik bagi para Wisatawan. InsyaAllah Pariwisata kita akan lebih berdaya saing, lebih mendunia,” harapnya.

Sekda Kota Baubau didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau, Drs Ali Arham MMP.

Roni berpesan, agar seluruh peserta pelatihan dapat ikut berperan, mewujudkan masyarakat lebih sejahtera, semakin berbudaya kedepannya.

Lia Amalia Muchlisi

Ketua Panitia Pelatihan, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dinas Pariwisata Kota Baubau, Lia Amalia Muchlisi melaporkan, Pelatihan ini merupakan rangkaian dari beberapa Pelatihan Pariwisata sebelumnya. Ditujukan kepada Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis), juga mereka yang memiliki perhatian pada Wisata Alam.

Pihaknya menyelenggarakan Pelatihan Pemandu Wisata, guna menyiapkan Pemandu Wisata berkompeten, untuk memandu Wisatawan yang memiliki ketertarikan Wisata Bawah Laut, ataupun Wisata Gua.

Lia menambahkan, Kota Baubau satusatunya Kota yang mendapatkan DAK non fisik dari Pemerintah Pusat.

Pelatihan Pemandu Wisata Selam ini, Dinas Pariwisata menggandeng Instruktur Selam profesional Rock and Roll Divers (RRD).

[RED]

Komentar

News Feed