oleh

Fokus Distan Baubau 2021

Kasamea.com

Baubau – Dinas Pertanian (Distan) Kota Baubau telah merencanakan program kerja prioritas tahun 2021, yang akan direalisasikan melalui tugas pokok fungsi empat bidang, perkebunan holtikultura, peternakan, tanaman pangan, dan sarana prasarana.

Bidang perkebunan holtikultura memfasilitasi para petani sayur dan buah, bidang peternakan fokus merancang “pulau itik”, peternakan itik di pulau makassar kecamatan Kokalukuna, disamping juga mengembangkan ternak sapi dan ternak kambing di wilayah kecamatan Bungi dan Betoambari.

Baca juga ⬆

Sementara itu bidang tanaman pangan fokus pada peningkatan produksi padi sawah dan padi ladang. Sedangkan bidang sarana prasarana fokus pada peningkatan jalan usaha tani, jaringan irigasi, dan pembuatan sumur bor, khusisnya diwilayah perkebunan holtikultura yang kesulitan air.

Kepala Distan Baubau Muhamad Rais M mengatakan, tahun 2021 ini pihaknya juga fokus pada pengembangan jagung, yang akan diawali dengan sosialisasi di kecamatan Bungi dan kecamatan Sorawolio. Jagung dinilai berpotensi untuk dikembangkan di Baubau, yang nantinya juga diharapkan dapat menunjang pemenuhan pakan ternak.

Muhamad Rais menambahkan, melalui APBD kota Baubau 2021, pihaknya akan merealisasikan program jaringan irigasi untuk peternakan, melalui balai penyuluhan pertanian (BPP) di Batumaali. Juga melalui BPP Bungi, pihaknya telah merancang kegiatan holtikultura secara pipanisasi.

Di Sorawolio pemilik lahan yang luas, Distan Baubau mendorong para petani memanfaatkan lahan yang ada. Yang juga sebagai percontohan.

“Dengan kegiatan-kegiatan tersebut teman-teman PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) lebih rutin kegiatannya dimasing-masing wilayah tadi itu. Sehingga kedisiplinan yang diimplementasikan, yang terkoneksi dengan aplikasi Polima, akan berhubungan langsung dengan kegiatan teman-teman dilapangan,” ungkapnya.

Kata Muhamad Rais, PPL juga ditekankan untuk membuat percontohan-percontohan ditengah masyarakat. Sekaligus mengawal percontohan tersebut.

[RED]

Komentar

News Feed