Gelar Sosialisasi, KPU Baubau Siap Melayani

Baubau

Komisi Pemilihan Umum Kota Baubau menggelar sosialisasi Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta pemilihan umum anggota DPR dan DPRD.

Dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kota Baubau Edi Sabara, Kamis (4/8/22). Dihadiri pengurus Parpol, Ormas/LSM, Bawaslu Kota Baubau, Badan Kesbangpol, unsur TNI/Polri, dan insan Pers, bertempat di salah satu aula pertemuan di Baubau.

Ketua KPU Kota Baubau, Edi sabara mengungkapkan tahapan saat ini adalah pendaftaran Parpol peserta Pemilu 2024, dimulai tanggal 1 sampai 4 Agustus.

Kata Edi, sampai saat ini Pemilu sudah berlangsung sebanyak 19 kali dengan berbagai dinamika yang berkembang disetiap pelaksanaannya. Dan ada hal yang berbeda dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Salahsatunya pendaftaran Parpol, dimana 2019 yang lalu, pendaftaran dilakukan di pusat, dan di daerah Parpol menyerahkan dokumennya. Sekarang ini pendaftaran hanya berpusat di KPU RI, dan daerah hanya menerima konsultasi mengenai pendaftaran dan peraturan KPU.

Di hadapan selùruh peserta sosialisasi Edi memastikan pihaknya siap memberikan pelayanan selama 24 jam sesuai tanggal kalender.

“Komitemen KPU siap melaksanakan Pemilu dengan baik. Pemilu 2019 adalah pembelajaran, akan menjadi pengalaman untuk sukesnya Pemilu 2024 mendatang,” ucapnya.

Edi menyebutkan, saat ini sudah 40 Partai yang mengambil akun SIPOL, 14 Parpol yang telah melakukan penginputan 100 persen data SIPOL. Sehingga, lanjut Edi, dihari keempat sudah ada 11 Parpol yang mendaftar melalui KPU RI, 8 Parpol dinyatakan lengkap, dan 3 Parpol dinyatakan belum lengkap.

KPU Kota Baubau berharap, dengan terlaksananya sosialisasi akan bermanfaat untuk peserta Pemilu dan masyarakat secara umum.

“KPU sebagai penyelenggara siap menyelenggarakan Pemilu 2024, sesuai tahapan sampai 14 februari 2024, hari H pelaksanaan Pemilu,” pungkas Edi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bawaslu, Forkompinda, Kesbangpol Kota Baubau dan pimpinan media cetak dan elektronik se Kota Baubau.

Komentar