oleh

HUT Baubau 2020: Perekonomian Tumbuh, Kemiskinan Menurun, Pembangunan Masyarakat Meningkat

Kasamea.com BAUBAU

Dirgahayu Kotaku Baubau tercinta, Hari Jadi ke- 479 dan Hari Ulang Tahun ke- 19 sebagai Daerah Otonom 17 Oktober 2001- 17 Oktober 2020. Di usiamu saat ini berbagai fenomena terlewati, beriring dinamika yang terus bergulir, senggang panjatkan doa menabur harapan, semoga bisa mengantarmu menjadi sebuah Kota yang semakin Tertib, Aman, Maju, Populer, Indah, Lancar, dan Mensejahterakan Masyarakatmu.

Peringatan HUT dan Hari Jadi Kota Baubau tahun sangat jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tanpa pesta semarak, prosesinya yang identik dengan keramaian/ kerumunan dibuat secara sederhana saja. Bahkan upacara, dibatasi persertanya. Ya Kota ini masih dilanda bencana nasional pandemi covid-19, seperti juga daerah lainnya di Indonesia.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Baubau menggelar Sidang Paripurna Istimewa, bersama Pemerintah Kota Baubau,di ruang auditorium kantor DPRD Kota Baubau, Sabtu (17/10/20).

Dalam khidmat, Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH secara ringkas
menggambarkan geliat pembangunan Kota Baubau saat ini. Semakin maju. Berdasarkan indikator Produk Domestik Regional Bruto (PDRB),
dengan capaian pembangunan ekonomi secara makro, Kota Baubau semakin baik.

√ Perkonomian Kota Baubau tahun sebelumnya tetap tumbuh diangka 6,76 % melampaui angka pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Tenggara 6,33% secara regional dan pertumbuhan ekonomi Nasional 5,06 %.

√ Tingkat kemiskinan Kota Baubau terus menurun pada angka 7,57% dibawah Sultra 11,24% dan Nasional 9,41%.

√ Indeks Pembangunan Masyarakat cenderung meningkat sebesar 74,67% berada diatas Propinsi 70,61% dan Pusat 71,39%.

Hal ini membuktikan bahwa intervensi kebijakan pemerintah Daerah memberikan pengaruh signifikan terhadap fundamental ekonomi daerah.

AS Tamrin mengakui, keberhasilan membangun Kota Baubau tentunya atas dukungan semua stakeholder yang ada di Kota Baubau, termasuk unsur Muspida.Ia meyakini, tanpa dukungan dari semua pihak maka Pemerintah Kota Baubau tidak akan mampu mewujudkan cita-cita pembangunannya.

Pencetus PO- 5 ini mengapresiasi dan sangat berterimakasih atas dukungan semua Stakeholder, seluruh masyarakat Kota Baubau kepada Pemerintahan ‘TAMPIL MANIS’, sehingga dapat menjalankan Visi Misi Mewujudkan Baubau Sebagai Kota yang Maju, Sejahtera dan Berbudaya.

“Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah kota Baubau. Yaitu Kapolres Baubau, Dandim 1413 Buton, Kepala Kejaksaan Negeri Baubau dan Ketua Pengadilan Negeri Baubau, serta seluruh masyarakat, atas dukungannya kepada kami didalam mengemban amanah mewujudkan cita-cita Kota Baubau,” ucap Ketua DPD PAN Kota Baubau ini.

AS Tamrin menuturkan, rentang sejarah 479 tahun Pemerintahan Kota Baubau dengan segala capaiannya patut dibanggakan. Selain itu, jasa-jasa dan pengabdian para Tokoh serta Pemimpin terdahulu, yang berjuang demi pembangunan Kota Baubau, patut diberikan penghargaan yang tulus. Tak kalah penting, peran aktif seluruh masyarakat.

“Ucapan terima kasih serta apresiasi juga saya sampaikan untuk seluruh masyarakat Baubau, para perantau, dan aparat yang telah berbakti dalam membangun kota ini. Sehingga kita memiliki modal yang lebih dari cukup untuk membangun dan memajukan daerah ini”, ucapnya.

Hasil karya berharga yang diberikan oleh generasi terdahulu,  dapat menjadi sumber inspirasi dan kekuatan dalam membangun Kota Baubau kedepan. Termasuk membangun kembali semangat persatuan dan kesatuan dalam melawan Pandemi Covid-19.

“Dengan diputusnya mata rantai sebaran Covid-19, masyarakat dapat hidup normal sebagaimana yang diharapkan,” pungkas Alumni LEMHANAS, yang kini menjalankan Pemerintahan diperiode kedua sebagai Wali Kota Baubau ini.

[RED]

News Feed