oleh

Kabar “Bantuan Pengungsi Ambon”! Dinas Sosial Belum Terima Salinan Putusan Dari LBH Kepton, dan Juknis Dari Kemensos RI

-Baubau, Berita-1.016 views

BAU-BAU

LBH Kepton telah memenangkan gugatan atas dana kompensasi bagi eks warga Maluku korban kerusuhan (sering disebut-sebut bantuan pengungsi Ambon) setelah belasan tahun berjuang, menjalani proses hukum. Kemenangan LBH Kepton ditandai dengan Putusan Mahkamah Agung (MA) atas Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Pemerintah RepubIik Indonesia. Perkara ini telah Inkrah.

Kini, kelanjutan realisasi penyaluran dana “Bantuan Pengungsi Ambon” tersebut tengah dalam proses, ditangan Pemerintah Pusat.

Dinas Sosial Kota Bau-Bau belum menerima Salinan Putusan PK dari LBH Kepton selaku kuasa hukum YPKKM yang memenangkan gugatan tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kota Bau-Bau Abdul Rajab mengatakan, pihaknya belum bisa berbuat banyak, sebab, selain belum menerima Salinan Putusan PK dari LBH Kepton, juga belum menerima Petunjuk Teknis (Juknis), maupun keterangan tindak lanjut dari Kementerian Sosial RI terkait hal tersebut.

Ia memastikan, bila telah ada koordinasi tindak lanjut dari Kementerian Sosial RI, maka pihaknya akan membantu secara maksimal proses, hingga tersalurnya bantuan, bekerja sesuai dengan Tupoksi, Peraturan Perundang-Undangan. Pihaknya juga lanjut Abdul Rajab, telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), yang juga sama, masih menunggu instruksi, petunjuk dari Pemerintah Pusat.

“Kami tidak mungkin bisa melakukan apa-apa kalau tidak ada Juknisnya,” kata Abdul Rajab, ditemui usai penyambutan Jemaah Haji di Rmah Jabatan Wali Kota Bau-Bau.

Abdul Rajab menambahkan, LBH Kepton telah berkonsultasi, mengkoordinasikan urusan ini (Bantuan Pengungsi Ambon). Termasuk pula tindak lanjut berupa validasi, verifikasi data eks warga Maluku penerima bantuan.

“Kami tidak berani karena hal ini membutuhkan biaya dan waktu yang lama, dan yang kami takutkan bila tiba Juknisnya, ternyata yang kita lakukan tidak sesuai dengan Juknis, maka sia” saja yang kita lakukan,” terangnya.

Iapun berharap, seluruh proses berjalan lancar, tanpa kendala, dengan adanya Juknis dari Kementerian Sosial RI,”harapan kami agar Juknis ini segera keluar dari Kementerian, dan agar kami juga bisa melangkah cepat melakukan tindakan lebih lanjut,” ucapnya.

[MG6 – editor LaMIM]

Komentar

News Feed