oleh

Kerennya… Diklat Jurnalistik Hingga Podcas SMANSa Baubau

Kasamea.com

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMANSa) Baubau menggandeng media siber Kasamea.com, menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Jurnalistik Siswa. Mengusung tema “Membangun Generasi Jurnalistik Milenial”, Diklat diikuti 36 peserta (16 putera dan 20 puteri), Rabu – Kamis (28 – 29 April), di salah satu Lab SMANSa Baubau.

Diklat bertujuan untuk menciptakan kader Jurnalis siswa intra SMANSa Baubau, menunjang persiapan pembentukan, berjalannya organisasi kesiswaan yang bergerak dibidang Jurnalistik. Menambah warna, memperkaya khazanah web portal SMANSa Baubau (jurnalistsmansabaubau.co.id).

Bekerjasama dengan Kasamea.com, hadir membawakan materi, Direktur PT Mihzan Media Mandiri (badan hukum Kasamea.com), selaku Pemimpin Redaksi Kasamea.com, LM Irfan Mihzan.

Melalui Diklat ini, Kepala Sekolah (Kasek) SMANSa Baubau, Muhammad Radi SPd MMPd, berharap, dapat menciptakan siswa yang cakap dalam memberitakan informasi, sesuai kaidah Jurnalistik. Khususnya informasi seputar SMANSa Baubau itu sendiri, ditengah banyaknya kegiatan pengembangan minat bakat, ekstra kurikuler, hingga SMANSa Baubau meraih prestasi/ penghargaan.

Seperti lomba virtual Islamic, puisi ceramah agama, dan lagu Islami. Termasuk pula bagi siswa non muslim, kegiatan ceramah sesuai agama masing-masing. Tak ketinggalan berbagai lomba, salah satunya lomba foto, yang saat ini telah lolos empat siswa sebagai ikon SMANSa Baubau.

“Pelatihan (Diklat Jurnalistik Siswa SMANSa Baubau, red) ini agar siswa bisa mengembangkan logika, kemampuan menulis. Dia harus tahu juga bagaimana etitud (attitude:english), kode etik dalam berjurnalistik,” jelas Kasek yang populer dan akrab disapa pak Radi ini.

Selain ditujukan untuk persiapan web portal SMANSa Baubau, kedepannya, alumni peserta Diklat Jurnalistik ini juga akan menjalankan studio 02/podcast SMANSa Baubau. Ketika mereka sudah mantap dalam melakukan wawancara dan menulis berita, dengan mengundang dan menghadirkan para narasumber ternama, atau kompeten dibidangnya.

Dalam pengembangannya, kegiatan Jurnalistik ini, lanjut Kasek yang baru beberapa pekan resmi menahkodai SMANSa Baubau ini, akan bekerjasama dengan media Kasamea.com, begitupun media-media lainnya.

Radi yang sebelumnya menjabat Kepala SMAN 2 Baubau, berterima kasih kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara (KCD Dikbud Sultra) Rayon Kota Baubau-Kabupaten Buton Selatan (Busel), Mastuti SPd, yang menghadiri sekaligus membuka secara resmi Diklat Jurnalistik Siswa SMANSa Baubau. Juga berterima kasih atas kehadiran Koordinator Pengawas SMA-SMK Wilayah Baubau-Busel, Drs Yusman Lukman MPd.

Yusman Lukman berharap, Diklat ini akan bermanfaat, menjadi bekal ilmu keterampilan bagi siswa peserta.

Ia percaya, apa yang dilakukan Muhammad Radi ketika memimpin dengan penuh dedikasi dan profesionalitas, mampu menghantarkan SMAN 2 Baubau menjadi Sekolah terbaik, akan sama halnya saat ini memimpin SMANSa Baubau. Seraya berpesan, untuk senantiasa menumbuhkembangkan kerjasama, serta kekompakan dengan para Guru dan siswa.

“Saya berkeyakinan, kalau ada slogan sekolah terbaik, nanti akan ada sekolah yang lebih hebat (SMANSa Baubau, red). Bisa menjadi sekolah yang diperhitungkan, tak hanya di Sultra, tetapi juga ditingkat Nasional,” ungkap Yusman Lukman, dalam kata sambutannya. Dia juga optimis dengan kinerja, Kepemimpinan Muhammad Radi, SMANSa Baubau bisa mencapai prestasi gemilang.

KCD Dikbud Sultra Rayon Baubau-Busel, Mastuti, mengapresiasi Kepala Sekolah, dan para Guru SMANSa Baubau yang sukses menggelar Diklat Jurnalistik Siswa. Yang merupakan suatu kesyukuran, bahwa para siswa mendapatkan kesempatan meningkatkan keterampilan, serta kecakapan.

Para peserta Diklat, kata Mastuti, sudah selayaknya berterima kasih kepada Kepala Sekolah dan Bapak Ibu Guru SMANSa Baubau.

Mengingatkan musibah bencana non alam yang belum berakhir melanda negeri, Mastuti menaruh harapan, para peserta Diklat dapat menjadi contoh, spirit bagi teman sebayanya, sebagai pelopor dalam menghadapi pandemi, memutus rantai sebaran covid-19. Dengan senantiasa menerapkan, menyosialisasikan protokol kesehatan 5M.

“Bisa mendorong masifnya peliputan berita tentang prokes, pentingnya kesiapan kita dalam menghadapi covid-19,” terangnya.

Mastuti juga berharap, alumni peserta Diklat, bisa menggaungkan kembali semangat SMANSa Baubau sebagai sekolah terbaik. Dengan mendedikasikan diri dalam penulisan berita kegiatan-kegiatan produktif, postitif mengembalikan aura SMANSa Baubau sebagai sekolah terhebat. Dalam bimbingan Kasek dan Guru-Guru hebat.

“Semoga menghasilkan output yang baik, hasilnya maksimal, sebagai ikon sekolah di Baubau. Anak-anakku harus semangat, tekun. Ajak teman kalian seluruh siswa untuk berbuat yang terbaik,” pesan Mastuti kepada seluruh peserta, yang disambut tepuk tangan riuh penuh semangat, para generasi milenial tersebut.

“Tunjukan ini loh anak SMANSa Baubau. Bukan hanya cantik dan gagah, bukan hanya sekedar menarik pada penampilan fisik, tetapi juga punya banyak talenta, keterampilan, skill, kemampuan yang bermanfaat bagi orang banyak,” semangat Mastuti, menutup kata sambutannya.

Materi Diklat meliputi penjelasan umum tentang pelatihan jurnalistik, dasar-dasar jurnalistik, jenis-jenis berita, juga teknik wawancara dan teknik menulis berita.

Diklat digelar, sudah mengantongi izin kegiatan dari Satgas Covid 19 Kota Baubau, yang menurunkan timnya, mengawasi, dan memastikan penerapan protokol kesehatan. Seluruh yang hadir dipastikan memakai masker, dites thermogun (pengukur suhu tubuh), dan menggunakan cairan pembersih (hand sanityzer). Tak luput saling menjaga jarak antara satu dengan yang lain.

[Red]

Komentar

News Feed