oleh

Koperasi di Bau-Bau Bakal Kelola KUR

Bau-Bau

Tak lama lagi Koperasi yang ada di Kota Bau-Bau akan mengelola Kredit Usaha Rakyat (KUR), untuk itu Pemerintah Kota Bau-Bau melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) tengah memfasilitasi upaya pemenuhan segala persyaratannya.

Hal ini diungkapkan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bau-Bau H Yakub. Mantan Kepala Bagian (Kabag) Umum Sekretariat Daerah Kota Bau-Bau ini berharap, 32 Koperasi pemilik Nomor Induk Nasional dapat segera mengelola dana KUR tersebut, agar masyarakat dapat lebih terbantu, dapat menerima manfaat.

Yakub menambahkan, setiap tahun dana pendampingan Koperasi Rp 124.428.300. Rp19.937.300 diperuntukkan anggaran monitoring, evaluasi, dan pelaporan. Peningkatan kwalitas Koperasi Rp67.033.800, dan penerbitan Nomor Induk Koperasi Rp37.457.200.

“Sementara kami masih mengusahakan 6 Koperasi lagi untuk mendapatkan NIK. Syaratnya Koperasi harus menyusun Rencana Anggaran Tahunan (RAT) rutin berbatas bulan Maret setiap tahun berjalan,” jelas H Yakub.

H Yakub menambahkan, adalah menjadi tugas pihaknya,untuk membina lebih 100 Koperasi yang ada di Kota Bau-Bau,”membina Koperasi yang secara operasional masih berjalan, tetapi tidak efektif. Kami juga mencarikan jalan keluar untuk 3 Koperasi yang meminta dibekukan,” tambahnya.

Selain peningkatan peran Koperasi, H Yakub juga berharap, para pelaku UKM dapat mengelola Koperasi sendiri, untuk kesejahteraan karyawannya.

[RIDWAN – editor LAMIM]

Komentar

News Feed