oleh

ODP eks Penumpang KM Lambelu Intens Dipantau Gugus Tugas Covid-19 Baubau


kasamea.com BAU-BAU

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 19 (Covid-19) Kota Baubau intens melakukan pemantauan Orang Dalam Pemantauan (ODP), tak terkecuali eks penumpang kapal PT Pelni KM Lambelu, yang tiba di Pelabuhan Murhum, Senin 6 April 2020 lalu. Pemantauan dilakukan sesuai standar penanganan, guna memastikan kondisi kesehatan, serta karantina mandiri ODP tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Wahyu, mengatakan, khusus eks penumpang KM Lambelu, saat ini (Senin 13 April 2020) sudah memasuki hari ketujuh pemantauan. Tercatat, 206 orang eks penumpang KM Lambelu yang tiba di Pelabuhan Murhum, Senin 6 April 2020 kala itu, namun hanya 176 penumpang yang mengisi formulir yang diberikan oleh petugas penanganan covid-19 di Pelabuhan Murhum.

Pihaknya kata Wahyu, melakukan pemantauan sesuai dengan data yang diberikan para penumpang, seperti nomor Handphone, dan Alamat rumah masing-masing.

“Ternyata hasil kroscek di lapangan hanya 71 orang penumpang yang memang betul-betul berdomisili di Kota Baubau, sebagian lagi domisili diluar Kota Baubau,” bebernya.

Menurut Wahyu, 71 orang eks penumpang KM Lambelu, sampai dengan saat ini terus dilakukan pemantauan atau self monitoring oleh petugas Puskesmas di masing-masing wilayah domisili mereka.

“Angka 71 orang tersebut masih besifat tentatif, sebab kemungkinan bisa berubah karena pemantuan masih terus dilakukan dengan ketat lagi dari team surveylance,” jelas Wahyu.

Gugus Tugas terus melakukan upaya pencegahan, bekerja sesuai tupoksi, sesuai standar operasional prosedur (SOP).

[RED]

Komentar

News Feed