Porprov 2022, Baubau Mantap

Kepala BKPSDM, Plt Kepala Dispora Baubau, Abdul Rahman SPd MPd, didampingi Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Maaruji.

Baubau

Pemerintah Kota Baubau terus memantapkan diri sebagai satu dari dua daerah penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Tenggara (Porprov Sultra) ke- XIV. Dibawah koordinasi dan arahan Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, negeri pemilik benteng terluas didunia ini terus berbenah, menyiapkan fasilitas, sarana olahraga yang akan dipertandingkan dalam event empat tahunan tersebut.

Akan dihelat November 2022, Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Baubau, Abdul Rahman, mengatakan, sebanyak 25 cabang olahraga (Cabor) yang akan diperlombakan/dipertandingkan dalam Porprov nanti. Pihaknya terus berkoordinasi dengan Dispora Sultra, termasuk Cabor yang akan diperlombakan/dipertandingkan.

“Rencana di Baubau 25 Cabor, tapi kita masih menunggu, tapi gambarannya sih sudah ada,” kata Abdul Rahman didampingi Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Baubau, Maaruji.

Sarana yang akan difungsikan untuk penyelenggaraan lomba/pertandingan, di Baubau saat ini tengah dikerjakan, dan ada pula dalam pemeliharaan. Kata Abdul Rahman, pihaknya berupaya maksimal Porprov terselenggara dengan baik.

Tiga sarana olahraga, diantaranya gedung olah raga (GOR) di Lowu-lowu, kolam renang, dan tribun dayung di Lakologou tengah dikebut pembangunannya. Ada pula yang akan dibangun oleh Pemprov, yang juga diharapkan menunjang kesuksesan penyelenggaraan Porprov.

“Kalau kita untuk Pemkot Baubau salah satunya adalah lapangan sepak bola dan atletik. Stadion Betoambari sudah dalam proses pemeliharaan rumputnya, sekarang proses tumbuh,” kata Abdul Rahman, yang memastikan rumput yang digunakan standar internasional.

Ia berharap, dengan dibangunnya stadion Betoambari, kedepannya lapangan bola tersebut dapat lebih representatif. Untuk kesiapan atlet, dalam waktu dekat akan ada eksebisi-eksebisi atau pertandingan-pertandingan pembinaan yang digelar Cabor, guna menguji dan meningkatkan kemampuan para atlet, sebelum berlaga dalam Porprov.

Sebagai tuan rumah, Abdul Rahman yang kini masih menjabat Kepala BKPSDM Baubau ini optimis, Baubau dapat meraih prestasi lebih gemilang. Diantara Cabor unggulan, seperti dayung, renang, sepak takraw, dan beberapa nomor di cabang atletik. [Red]

Komentar