oleh

Positif Covid-19 di Baubau Tambah 3 Jadi 16, 2 Kasus Sporadis dan 1 Klaster Kapal

kasamea.com BAU-BAU

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Gugas Covid-19) Kota Baubau melaporkan data sebaran covid-19, Selasa 9 Juni 2020, sebagai berikut: OTG 14 orang, SP OTG 1 orang, ODP 73 orang, PDP 5 orang, positif bertambah 3 orang (pasien yang menjalani perawatan 16 orang, dan total pasien terkonfirmasi positif 19 orang), dinyatakan sembuh 3 orang, belum ada tambahan. Bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif ini berdasarkan hasil tes swab / PCR.

Juru bicara Gugas Covid-19 Kota Baubau, dr Lukman SpPD menyebutkan, pasien terkonfirmasi positif covid-19 hari ini, inisial 017 berusia 61 tahun, inisial 018 berumur 31 tahun, dan inisial 019 juga berumur 31 tahun.

Dokter Lukman mengingatkan, pasien 017 dan 019 adalah kasus sporadis (riwayat kontak tidak tentu atau tidak jelas), sedangkan pasien 018 sendiri adalah klaster kapal. Ketua Satgas Covid-19 RSUD Baubau ini kembali menekankan, bahwa adanya kasus sporadis pasien 017 dan 019 merupakan penanda, informasi peringatan, agar seluruh masyarakat lebih waspada / berhati-hati dalam keseharian.

Senantiasa tetap menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, dan selalu menjaga jarak 1,5 meter dari orang lain. Sore ini, kata dr Lukman, pihaknya menerima laporan sembilan hasil tes swab, yang enam lainnya dinyatakan negatif,”dari 9 hasil tes swab, 3 dinyatakan positif dan 6 negatif,” ucapnya, dalam konferensi pers di media center kantor Gugas Covid-19 Kota Baubau petang ini.

Dokter Lukman didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali SE MSi.

Dokter Lukman menambahkan, hasil tes swab / PCR negatif, diantaranya inisial HD 46 tahun laki-laki, MLS 46 tahun laki-laki, SHR 53 tahun laki-laki, SP 24 tahun juga laki-laki.

“Saat ini belum ada tambahan pasien dinyatakan sembuh, masih tetap 3 orang. Tetapi marilah kita semua terus saling mendoakan, memberikan dukungan, agar para pasien cepat diberi kesembuhan. Dan hindari stigma,” ucap dr Lukman.

Dokter spesialis penyakit dalam ini menuturkan, untuk saat ini, ketiga pasien yang baru dinyatakan positif, akan menjalani perawatan di RSUD Baubau, sebab saat ini tengah dilatih para tenaga kesehatan, untuk pelayanan di Rumah Sehat Terpusat Covid-19 Kota Baubau, yang beberapa lalu dilaunching oleh Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH, didampingi Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, Sekretaris Daerah, Dr Roni Muhtar MPd, Ketua DPRD, H Zahari SE. Dan turut dihadiri tim Gugas Covid-19 Kota Baubau.

“Pasien dengan kondisi yang stabil, akan dialihkan perawatannya di rumah sehat terpusat. Setelah pelatihan tenaga kesehatan rumah sehat terpusat,” tambah dr Lukman.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Baubau ini tak henti-hentinya mengimbau seluruh masyarakat untuk selalu aktif, dan secara ketat tetap menjalankan protokol kesehatan. Agar terhindar dari covid-19.

[RED]

Komentar

News Feed