oleh

Ridwan Bae Kritik Istri Walikota Kendari Tentang “Anak Jalanan”

Kendari

Anggota DPR RI Ir Ridwan Bae mengkritisi Istri Wali Kota Kendari Sri Lestari SPd MSi, yang turun kejalan menyosialisasikan pengendara untuk tidak memberi uang kepada “anak jalanan”. Menurutnya, imbauan agar tidak memberi uang kepada “anak jalanan”, seharusnya dibarengi dengan langkah konkrit Pemerintah Kota Kendari dalam mengatasi kemiskinan warganya.

Senin (11/3/2019), Istri Walikota Kendari turun kejalan bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Kendari dalam kegiatan Sosialisasi Gugus Tugas Bunda Menyapa “STOP MEMBERI UANG DI JALAN”, sebagai bentuk edukasi dan empati dalam mewujudkan Kota Kendari menuju Kota Layak Anak.

Ridwan berpendapat, fenomena adanya, dan bahkan dapat terus bertambahnya anak-anak yang meminta uang dijalan, karena keterpaksaan, karena keadaan perekonomian keluarganya. Ini menurutnya, disebabkan pula, tidak atau belum tersedianya lapangan kerja, juga belum maksimalnya program peningkatan life skill, kecakapan hidup, keterampilan bagi warga miskin.

Ketua DPD Golkar Sultra ini menyebutkan, mengusir pengemis adalah tindakan yang tidak manusiawi. Apalagi melarang orang untuk bersimpatik pada orang lain, yang mengalami kekurangan, hidup dalam kemiskinan.

“Ini terjadi (anak meminta-minta dijalan) karena orang tua mereka tidak punya pekerjaan, tidak memiliki keterampilan, sehingga hidup dalam kemiskinan. Anaknya mau meringankan beban orang tua, dengan cara minta belas kasihan,” ucapnya.

Mantan Bupati Muna dua periode ini menyebutkan, imbauan tidak memberi uang kepada “anak jalanan” bukan satu-satunya solusi dalam mengatasi anak yang meminta uang dijalan.

Ia menyarankan, agar Pemerintah Kota Kendari menyiapkan lapangan kerja, atau memberikan pelatihan/keterampilan bagi orang tua anak yang meminta-minta dijalan, memberikan pendampingan dalam berwira usaha/industri kecil dalam rumah tangga.

“Jadi saran saya boleh dilarang, tapi carikan dulu lapangan kerja bagi orang-orang yang tidak mampu. Sebab kalau orang tuanya mampu, tidak bakalan ada anak minta-minta dijalanan,” sarannya.

Namun begitu, Ridwan sangat mengapresiasi niat Istri Walikota Kendari yang peduli pada masa depan anak Negeri.

Ridwan memastikan, pengentasan kemiskinan sebagai program prioritas Golkar,”bagi anggota DPR Kota, Kabupaten, maupun Provinsi dari Partai Golkar, saya instruksikan program prioritas pengentasan kemiskinan, dan meniadakan anak-anak yang meminta dijalan,” tegasnya.

~ Vonizz report ~

Komentar

News Feed