oleh

Rogoh Kantung Pribadi, AS Tamrin Bersama Jajaran Sumbang Rp 200 Juta Untuk Penanganan Covid-19

kasamea.com BAU-BAU

Berawal dari inisiatif Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH menyumbangkan 2 bulan gajinya, yang kemudian diikuti jajarannya, Pemerintah Kota Baubau berhasil mengumpulkan uang senilai Rp 200juta lebih, yang digunakan untuk mengadakan Alat Pelindung Diri (APD), diperuntukkan kepada para tenaga medis di RSUD Baubau, dan Puskesmas, sebagai garda terdepan penanganan corona virus disease 19 (covid-19).

APD diserahkan langsung AS Tamrin di rumah jabatan Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota, La Ode Ahmad Monianse, SPd, Asisten I Sekretariat Daerah, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur Utama RSUD Baubau, dan sejumlah Kepala Puskesmas, di rumah jabatan Wali Kota, Selasa 14 April 2020.

AS Tamrin mengatakan, bantuan APD tersebut wujud kepedulian Pemerintah Daerah kepada petugas medis, dukungan dalam bekerja menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kota Baubau. Bantuan ini hasil urunan atau sumbangan bersama Wakil Wali Kota, Sekreraris Daerah, para Asisten Sekretariat Daerah, Kepala-Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), juga Kepala Kepala Bagian lingkup Pemerintah Kota.

Pemberian bantuan APD, sembari menunggu bantuan dari Pemerintah Pusat.

“Kita juga sudah menganggarkan dari APBD, tapi kan lama juga. Sehingga kemarin muncul inisiatif dalam rapat koordinasi antara gugus tugas dan pimpinan OPD. Saya mengimbau mereka, cara saya halus, saya menyumbangkan gaji dua bulan untuk ini, dan ternyata mereka juga terpanggil,” kata AS Tamrin.

Mantan Pejabat Negara di Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (BPN RI) ini menuturkan, bantuan APD yang Ia serahkan, selain dipesan dari luar daerah, juga ada beberapa APD khususnya level 2, yang dipesan dengan memberdayakan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Baubau. Dengan demikian, ada timbal balik ekonomi dengan melibatkan masyarakat.

“Tentu saja APD yang melibatkan UKM di Baubau dibuat berdasarkan standar kesehatan. Tidak serta merta juga,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Asisten I, Rahmat Tuta merinci bantuan yang diserahkan Wali Kota Baubau, antara lain:

1.Pengadaan 30 set baju covid-19 level 3, untuk 17 Puskesmas se- Kota Baubau.

2.Pengadaan 100 lembar baju covid-19 level 2, untuk 17 Puskesmas se-Kota Baubau.

3.Pengadaan 60 pasang baju kerja lapangan petugas covid-19 RSUD Baubau, Handscoen panjang 85 pasang, Face shield 20 buah, Apron 6 dos, dan baju Hazmat atau Coverall 50 lembar.

(Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau)

[RED]

Komentar

News Feed