oleh

Sidang Perdana Sengketa Pilkada, KPU Wakatobi Akan Buka Kotak Suara

Kasamea.com

Wakatobi – Dalam menghadapi sidang perdana sengketa hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati-Wakil Bupati kabupaten Wakatobi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Wakatobi telah menyiapkan langkah-langkah pembuktian. Salahsatunya dengan membuka kotak suara.

Hal ini dipastikan oleh Ketua KPU Wakatobi, Abdul Rajab, yang menegaskan bahwa pembukaan kotak suara akan dilakukan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 19 tahun 2020 tentang perubahan PKPU nomor 9 tahun 2019 tentang rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan hasil pemilihan gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan atau wali kota dan wakil walikota.

Abdul Rajab menjelaskan, pada pasal 71 ayat 1 dijelaskan KPU provinsi, kabupaten/kota dapat membuka kotak suara untuk mengambil formulir yang digunakan sebagai alat bukti dalam penyelesaian hasil pemilihan (php). Pembukaan kotak suara yang dimaksud pada ayat 1, dibuka dengan ketentuan, harus atas koordinasi bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kepolisian setempat dalam pelaksanan pembukaan kotak suara.

“Untuk saksi tidak, tapi karena mereka mendesak juga, demi transparansi kami juga mengundang mereka. Dan itu juga berdasarkan hasil koordinasi kami dengan pihak Kepolisian dan Bawaslu. Asalkan mereka tidak mendokumentasikan dokumen, kalau prosesnya bisa,” jelas Abdul Rajab, ditemui di gudang penyimpanan logistik KPU di kelurahan Mandati III, Jalan poros Liya, Jabal Rahman, Kecamatan Wangiwangi Selatan, Senin (25/1/21).

Abdul Rajab menguraikan, selain PKPU nomor 19 tahun 2020, pembukaan kotak suara juga berdasarkan surat KPU RI, nomor 1232 /PY.02.1-SD/03/KPU/ XII/2020. Dalam poin 4 dijelaskan bahwa KPU provinsi atau kabupaten kota dalam melakukan pembukaan kotak suara, sebagaimana yang dimaksud, dalam rangka untuk memperoleh C hasil KWK sebagai alat bukti, dengan tata cara pembukaan kotak suara wajib disaksikan Bawaslu provinsi, kabupaten/kota dan Kepolisian setempat.

“Formulir yang kita butuhkan sebagai pembuktian, C hasil KWK, form-form lain seperti daftar hadir pemilih, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), Daftar Pemilih Pindahan (DPPH), termasuk formulir C hasil pemberitahuan. Itu semua kita butuhkan untuk pembuktian,” ungkap Abdul Rajab.

KPU membuka kotak suara di 240 Tempat Pemungutan Suara (TPS), sesuai dengan dalil tuntutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pasangan calon (Paslon) Arhawi-Hardin La Omo (HALO), yang tercatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi Elektronik (e-BRPK) pada Senin (18/1/21) Pukul 10.00 WIB, dengan nomor 54/PHP.BUP-XIX/2021.

Jadwal Mahkamah Konstitusi (MK) sidang pendahuluan atau sidang dalam mendengarkan permohonan Pemohon akan digelar 27 Januari 2021. Sidang nantinya, ada yang mengikuti melalui daring dan ada juga yang mengikuti secara langsung.

Perlu diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wakatobi menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara tingkat kabupaten Wakatobi, dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wakatobi tahun 2020 pada Rabu 16 Desember 2020, di aula Pesanggrahan Budaya, Kecamatan Wangsel.

Dalam rapat pleno tersebut, pasangan calon Bupati Kabupaten Wakatobi Haliana-Ilmiati Daud (HATI) nomor urut 2 unggul jauh, serta berhasil mengalahkan rival politiknya, paslon Arhawi-Hardin Laomo (HALO) nomor urut 1, dengan selisih suara sebanyak 2.036.

[RED]

Komentar

News Feed