oleh

Stabil Kondisi 4 Pasien Positif Covid-19 di Baubau

kasamea.com BAU-BAU

Saat ini kondisi empat pasien positif covid-19 di Kota Baubau dalam keadaan stabil. Pasca pasien 01, 02, 03, dan 04 dinyatakan positif covid-19, langsung dilakukan isolasi, menjalani perawatan / pengobatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Baubau.

Ini dipastikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangangan Corona Virus Disease (Gugas Covid-19) Kota Baubau, dr Lukman.

Kata dr Lukman, keempat pasien tersebut secara rutin mengikuti program-program pemulihan yang telah disiapkan tim covid-19 RSUD Baubau, dengan rutin berolahraga di pagi hari. Olahraga juga tetap memperhatikan protokol saling menjaga jarak. Terhadap keempat pasien, diupayakan lebih rileks dalam menghadapi kondisinya, sehingga dengan demikian imun tubuh pasien bisa lebih meningkat.

Dokter Lukman, selaku Ketua Satgas Covid-19 RSUD Baubau, menuturkan, pada hari ke 13 dan ke 14 masa isolasi di RSUD Baubau, keempat pasien menjalani kembali pemeriksaan swab. Ini dilakukan, untuk memeriksa kembali kondisi pasien.

“Apakah positif atau sudah berubah jadi sembuh dari covid-19,” kata dr Lukman.

Dokter Lukman juga menjelaskan, syarat untuk kesembuhan (pasien dinyatakan sembuh) sangat ketat, yakni dengan dua kali swab, dan didapatkan hasil yang negatif.

Sesuai protokol, lanjut dr Lukman, pasien tidak begejala dapat diberikan vitamin-vitamin, suplay konsumsi gizi diatur agar lebih seimbang. Dan bila ada pasien yang mempunyai faktor resiko lain, maka akan terfokus pada pasien tersebut.

“Misalnya dia punya sakit gula atau hipertensi, jadi kita lebih mengatur pola makannya,” jelas dr Lukman.

Menurut dr Lukman, selama menjalani isolasi, keempat pasien hanya mengeluhkan masalah privacy, dengan sangat ketatnya pengawasan.

“Mereka meminta agar dilonggarkan, teteta pihak RSUD Baubau tetap melakukan pengawasan ketat, dikarenakan keempat pasien sudah terkonfirmasi positif covid-19,” tambah dr Lukman.

Dokter Lukman menambahkan, terkait 10 tenaga kesehatan (Nakes) yang melakukan kontak langsung dengan pasien 01 saat melahirkan, sudah dilakukan isolasi mandiri, dan setelah dilakukan rapid tes, hasilnya non reaktif.

Dokter Lukman terus mengingatkan kepada nakes, agar menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, bila bersentuhan dengan pasien yang akan dirawat.

(Sumber: Gugas Covid-19 / Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, Selasa 5 Mei 2020)

[RED]

Komentar

News Feed