oleh

Sultra Berduka, BPBD Baubau Buka Posko Peduli Bencana

BAUBAU

Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah dilanda duka, akibat banjir, hingga menelan korban meninggal dunia, ribuan warga diungsikan, ratusan rumah berikut bahan makanan, pakaian, hanyut, dan terendam. Termasuk tanaman serta hasil pertanian/perkebunan, hewan ternak, juga berbagai harta benda.

Banyak pihak berduka, rela memberikan bantuan, bersama-sama menggalang bantuan, guna membantu para korban banjir yang terjadi pekan ini.

Pemerintah Kota Baubau melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membuka Posko Peduli Bencana. Posko ini menerima, menampung, menyalurkan bantuan bagi korban banjir.

Dikonfirmasi vonizz.com, Kepala BPBD Kota Baubau La Ode Muslimin Hibali mengatakan, rencana Posko dibuka mulai hari ini, 11 Juni sampai dengan 17 Juni kedepan. Pihaknya, lanjut Muslimin Hibali, menyiapkan relawan bencana yang standby dari pagi hingga malam hari, untuk menerima bantuan di Posko tersebut.

“Mari kita bersama-sama membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang mengalami musibah banjir. Masyarakat Kota Baubau dan sekitarnya, bisa mengantarkan langsung bantuan di Posko yang bertempat di kantor kami,” tulisnya melalui pesan singkat.

Ia menambahkan, saat ini telah ada warga yang memberikan bantuan di Posko Peduli Bencana di kantor BPBD Kota Baubau, Jalan Bakti ABRI Nomor 1 Kelurahan Bukit Wolio Indah Kecamatan Wolio.

Para korban kata Muslimin Hibali, membutuhkan bantuan berupa bahan makanan, pakaian, obat-obatan, juga bantuan peralatan lainnya.

“Sebab mereka banyak kehilangan, rumah, pakaian, bahan makanan, dan barang-barang milik mereka terendam, terbawa banjir. Kita ada untuk membantu mereka (korban banjir) secara sukarela, tulus dan ikhlas,” tulisnya lagi.

Muslimin berharap banyak bantuan yang tersalur melalui Posko Bencana BPBD Kota Baubau. Dan bantuan ini nantinya dapat bermanfaat bagi para korban.

Informasi dihimpun vonizz.com, banjir dipicu curah hujan yang terus meningkat , hingga berhari hari. Korban meninggal dunia terseret arus, seorang warga Kabupaten Konawe. Ratusan rumah -terendam banjir, ribuan warga diungsikan, jalur lintas transportasi terputus.

Terdapat tujuh Kabupaten/Kota yang dilaporkan terjadi banjir, Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Kolaka Timur, Buton Utara, Bombana, Kota Kendari. Kondisi paling parah terkena dampak banjir di Konawe Utara, Konawe Selatan, dan Konawe.

[VONIZZ report]

Komentar

News Feed