oleh

Tingkatkan Pelayanan Bantuan Hukum, Empat Paralegal Posbakumadin Baubau Ikut Diklat

Kasamea.com

Baubau – Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Posbakumadin) Baubau mengikutsertakan empat Paralegal dalam Pendidikan dan Latihan (Diklat) yang digelar Perkumpulan Advokat Indonesia (Peradin), bekerjasama dengan Badan Pembina Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM RI.

Keempat Paralegal Posbakumadin Baubau adalah Mahasiswa Fakultas Hukum: LM. Irfan Mihzan, Sindy Pratiwi Nafsahu, Abdul Halik dari Universitas Muhammadiyah Buton (UM Buton), dan Nasrullah S dari Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan).

Diklat digelar secara virtual melalui video conference (zoom), diikuti 5.670 peserta paralegal seluruh cabang Posbakumadin se Indonesia, Rabu 6 Januari sampai Jumat 8 Januari 2021.

Pemateri diantaranya, Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM RI Prof Dr Beny Riyanto SH MHum CN, Kasubdit Luhkum Kementerian Hukum dan HAM RI Masan Nurpian SH MH, unsur BPHN, dan Ketua Umum Peradin Advokat Ropaun Rambe.

Ketua Posbakumadin Baubau Adnan SH mengungkapkan, Peradin, Posbakumadin Pusat, Kemekumham RI memfasilitasi Diklat Paralegal perdana dengan peserta terbanyak secara virtual ini.

Pihaknya, kata Adnan, menekankan kepada Paralegal Posbakumadin Baubau untuk fokus mengikuti setiap materi yang diberikan, guna meningkatkan kapasitas, membentuk karakter Paralegal yang beradab, sopan, santun, berakhlak mulia, dengan menanamkan prinsip-prinsip kejujuran, disiplin keras, mudah bergaul, dukungan pendamping, kerja keras, kecintaan para yang dikerjakan, kepemimpinan, kepribadian kompetitif, hidup teratur, serta keterampilan mengembangkan diri.

“Semoga dengan terselenggaranya Diklat Paralegal ini, Posakumadin Baubau bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum. Dan bisa mempersiapkan calon advokat yang memiliki kemampuan dalam praktek penegakan hukum di masyarakat, dengan kompetensi intelektual, moral dan ptofesionalitas,” ungkap Advokat, mantan Ketua BEM Fakultas Hukum UM Buton ini, disela-sela Diklat Paralegal, di kantor Posbakumadin Baubau, Jalan Pahlawan Kerurahan Bukit Wolio Indah Kecamatan Wolio Kota Baubau.

Diklat Paralegal merupakan pendidikan kemahiran dan keterampilan, karena faktor tujuan misi pendidikannya, kenyataan sejarah bantuan hukum maupun karena ketentuan perundang-undangan menyangkut pendidikan profesi, berdasarkan Undang-Undang Advokat Nomor 18 Tahun 2003 dan Undang-Undang Bantuan Hukum Nomor 16 Tahun 2011 dengan mengedepankan kemahiran (finesse) dan keterampilan (skill). Kemahiran dan keterampilan disini based on knowledge / science, bukan keterampilan teknis semata-mata sebagaimana dalam konsep vokasional.

Berdasarkan kondisi dan fakta tersebut, pengajuan pendidikan dan latihan Paralegal ini diwujudkan dalam mengembangkan suatu model kemahiran dan keterampilan, menjadi program yang terintegrasi pendidikan khusus. Agar para peserta memperoleh manfaat ganda dengan menyandang gelar sebutan “Paralegal” dengan keahlian khusus dalam bidang hukum tertentu setelah memperoleh sertifikat.

[RED]

Komentar

News Feed