Tony Wenas Bersama Dewan Pelkat PKB GPIB “Berbagi Penuh Kasih” di Baubau

Baubau

Dalam rangka memperingati puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 41, Dewan Pelayanan Kategori Persekutuan Kaum Bapak Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (Pelkat PKB GPIB) menyalurkan paket bantuan kebutuhan pokok kepada warga yang membutuhkan, di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Minggu (17/7/22), usai beribadah di Gereja GPIB Baubau, dipimpin langsung Tony Wenas selaku Ketua Dewan Pelkat PKB GPIB, didampingi Pendeta dan Pengurus Gereja GPIB Baubau, bekerjasama dengan GP Anshor Baubau dan KNPI Baubau.

Rombongan menyusuri lorong jalan setapak di Kelurahan Lipu, Kecamatan Betoambari. Dibawah panasnya terik sang mentari, tak sedikitpun menyurutkan semangat “Satu Untuk Negeri Peduli Sesama Berbagi Bersama” Dewan Pelkat PKB GPIB.

Tony Wenas menyambangi satu pesatu rumah warga, dan menyerahkan langsung (secara simbolis) paket bantuan kepada beberapa warga lanjut usia (Lansia). Selanjutnya, paket bantuan lainnya, akan disalurkan Pengurus Gereja GPIB Baubau, bersama GP Anshor Baubau.

Penerima bantuan sudah sangat renta, berusia 70 sampai 80 tahun. Tampak seorang Nenek duduk sendiri dalam sebuah gubuk reot. Ada juga seorang Kakek yang sulit untuk berjalan. Mereka sangat mensyukuri mendapatkan bantuan.

Suasana haru menggugah hati saat Tony Wenas menyalami dan berbincang singkat dengan para Lansia tersebut. Sembari menyampaikan semoga bantuan yang diberikan bisa bermanfaat, meringankan beban perekonomian, mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Seorang pemuda setempat ikut mendampingi sebagai penerjemah bahasa lokal, sebab diantara para Lansia tidak dapat berbahasa Indonesia.

Tony Wenas mengaku prihatin, bahwa masih banyak warga yang hidup dalam garis kemiskinan. Ia berharap kegiatan sosial seperti ini dapat sering dilakukan, guna membantu sesama.

“Sebagai manusia harus berbagi dengan sesama manusia lainnya, itu intinya. Kita mungkin lebih beruntung, tapi melihat orang disekitar kita, masih banyak yang kurang beruntung. Kita harus berbuat lebih, tanpa melihat jumlah yang diberikan, tetapi seberapa besar manfaatnya,” ucapnya usai menyerahkan bantuan.

Di Negeri Syara Pataanguna, selain berbagi paket kebutuhan pokok, Dewan Pelkat PKB GPIB juga menyalurkan bantuan peralatan cetak batako, untuk pengembangan usaha kecil dalam meningkatkan kwalitas serta volume produksi.

Direktur Utama PT Freeport Indonesia ini mengatakan, dalam kegiatan sosial peringatan HUT Dewan Pelkat PKB GPIB tahun ini, pihaknya memilih Baubau, sebab Baubau adalah wilayah paling timur GPIB. Selanjutnya ke cakupan GPIB wilayah paling Barat, yakni Sabang, dan wilayah paling Selatan, di Cilacap, dan wilayah paling Utara, Miangas, Natuna.

Berbagi rutin dilakukan Dewan Pelkat PKB GPIB, tak hanya saat perayaan Hari Ulang Tahun. Tony Wenas berharap dapat terus dan lebih sering berbagi, memberikan manfaat bagi sesama.

Dalam menyerahkan paket kebutuhan pokok, Tony Wenas juga mendoakan mereka yang masih berkekurangan agar senantiasa diberi kesehatan, dan rejeki yang lebih, serta keadaan perekonomian yang lebih baik. [Red]