oleh

3200 Vaksin Tiba di Baubau, Pekan Depan Disuntikan

Kasamea.com

Baubau – Sebanyak 3200 vaksin covid 19 telah tiba di Kota Baubau, Rabu (27/1/21) malam. Diserahkan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kepada tim gabungan unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan Kota Baubau, Sabara dan Satlantas Polres Baubau.

Kepala BPBD Kota Baubau, La Ode Muslimin SE MSi mengatakan, penjemputan vaksin dari Kota Kendari sampai tiba di Kota Baubau berjalan lancar. Tanpa kendala yang berarti.

“Alhamdulillah berjalan lancar, dan sudah tiba,” ungkap La Ode Muslimin, Kamis (28/1/21).

Kadinkes Baubau Dr Wahyu SKM MSc Ph

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau Dr Wahyu SKM MScPh memastikan, saat ini vaksin telah disimpan, transit di instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Baubau. Sambil menunggu persiapan vaksinasi yang akan dilakukan pekan depan, minggu pertama Februari 2021.

Baca juga ⬆

H- 1 sebelum pelaksanaan vaksinasi, vaksin tersebut akan didistribusikan ke 20 fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes), ditempatkan di gudang obat Puskesmas, atau rumah sakit, dengan tetap dilakukan penjagaan.

Fasyankes yang akan melakukan vaksinasi yakni 17 Puskesmas, rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota Baubau, kantor kesehatan pelabuhan, dan klinik Bhayangkara Polres Baubau.

Setiap Puskesmas para Kepala Puskesmas sudah membentuk tim pelaksana vaksinasi, sudah disiapkan lemari pendingin (Kulkas).

“Personil terlatih yang memiliki kemampuan untuk melakukan penyuntikan sudah siap,” kata Wahyu.

Tahap awal, lanjut Wahyu, vaksin ini akan disuntikan kepada hampir 1600 tenaga kesehatan (Nakes) pemerintah maupun swasta yang sudah terdaftar.

“Tenaga kesehatan Kota Baubau 1600 orang. Karena butuh dua kali vaksinasi tiap orang, maka 1.600 x 2 = 3.200 vial/dosis,” jelas Wahyu.

Tahap berikutnya akan didatangkan lagi vaksin untuk aparat pelayanan publik.

[RED]

Komentar

News Feed