oleh

“PO-5 Membentuk Karakter Generasi”

Kasamea.com

Baubau – Penanaman nilai-nilai PO-5 pada anak usia dini merupakan langkah strategis dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa. Dengan menanamkan nilai-nilai moral pada anak sejak lahir hingga usia enam tahun, dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohaninya, sehingga memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Ini diungkapkan Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH dalam acara Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan Se Kota Baubau tahun 2021, di ruang Auditorium Kantor Wali Kota Baubau, Kamis (28/1/21).
 
AS Tamrin mengatakan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting dan strategis dalam membina tumbuh-kembang anak secara optimal. Iapun berharap, dengan dikukuhkannya Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan, dapat menjadi motor penggerak dalam tumbuh kembangnya PAUD di Kota Baubau.

AS Tamrin meyakini tujuan yang sama serta kepedulian yang besar terhadap PAUD. Bersama-sama ingin membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, agar pada saatnya nanti, mereka memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan tingkat lanjut.

“Penanaman nilai-nilai PO-5 terhadap anak usia dini adalah merupakan langkah yang sangat strategis. Pada umur nol bulan hingga usia enam tahun seorang anak lebih mudah menyerap semua informasi yang diterimanya.Untuk itu sangat penting sekali nilai-nilai luhur dari PO-5 ini kita terapkan dan kita ajarkan pada anak-anak kita yang masih usia dini. Yaitu Pomamasiaka, Popiapiara, Pomaemaeaka, Poangka-angka taka, dan Pobinci binciki kuli,” urainya.

Selain sebagai penanaman nilai moral, juga merupakan upaya untuk memperkenalkan nilai-nilai luhur budaya daerah tercinta.

Menurut Wali Kota yang dikenal sederhana dan merakyat ini, dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini, anak sangat rentan terhadap pengaruh negatif dari teknologi. Untuk itu, peran orang tua sangat penting dalam memberikan pendidikan moral terhadap anaknya. Selain itu, peran dari Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan juga sangat diperlukan dalam mensosialisasikan dampak dari teknologi ini.

“Kepada kita semua, terutama kepada Bunda-bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan harus mensosialisasikan ini semua. Agar orang tua hati-hati dengan tidak membiarkan anak-anaknya mengonsumsi berita maupun informasi yang tidak pas buat mereka. Jangan pernah berkata kasar di depan anak-anak, karena itu, akan terekam dalam memori mereka,” pesannya.

AS Tamrin yang terus menggaungkan PO-5, mengingatkan, bahwa pendidikan anak usia dini, bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah dan lembaga PAUD saja. Akan tetapi masyarakat dan orang tua juga harus bersama-sama dan berperan aktif dalam menyukseskan pendidikan anak usia dini sesuai peran masing-masing. Untuk itu Ia mengajak semua komponen masyarakat agar seiring sejalan serta saling bergandengan tangan dalam menyiapkan generasi emas Kota Baubau, untuk masa depan yang lebih sejahtera.

“Mari kita tanamkan nilai-nilai luhur PO-5 pada anak-anak kita sejak dini demi membentuk karakter dan moral generasi penerus kita”, ajak AS Tamrin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau Abdul Karim SPd MSi memastikan mendukung penuh cita-cita luhur Wali Kota Baubau dalam menggemakan nilai-nilai PO-5. Untuk itu dalam pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan tersebut, pihaknya mengusung tema “Bersama Bunda PAUD Kita Wujudkan Generasi Emas Yang Berkarakter PO-5”.

Ia berharap, agar acara pengukuhan ini tidak hanya seremonial untuk menggugurkan kewajiban saja. Untuk itu, peran Bunda PAUD yang telah dilantik ini, sangat diharapkan dalam melaksanakan tupoksi diwilayahnya masing-masing, secara berjenjang.

Abdul Karim mengungkapkan, pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan tersebut adalah untuk merealisasikan program layanan PAUD berkualitas. Pasalnya, untuk mewujudkan hal tersebut peran dari para pemangku kepentingan dalam hal ini Bunda PAUD sangat dibutuhkan dalam menggerakkan seluruh komponen dan sumber daya di wilayahnya.

Bunda PAUD adalah predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintahan dan kepala daerah (Presiden, Gubernur, Bupati/Wali Kota, Camat, Kepala Desa/ Lurah) atau disandang langsung oleh kepala pemerintah dan kepala daerah perempuan yang merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini di wilayahnya.

Mantan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Baubau ini menambahkan, salah satu tujuan Bunda PAUD adalah mendorong terciptanya layanan PAUD Holistik Integratif yang mencakup perawatan, pengasuhan, kesehatan gizi, pendidikan, perlindungan dan kesejahteraan anak usia dini. Untuk tujuan inilah, maka kegiatan yang bertema  “Bersama Bunda PAUD Kita Wujudkan Generasi Emas Yang Berkarakter PO-5” ini dilaksanakan.

Dalam acara pengukuhan tersebut, Bunda PAUD Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse SPd mengukuhkan 8 orang Bunda PAUD Kecamatan dan 43 orang Bunda PAUD Kelurahan Se Kota Baubau.

Acara pengukuhan turut dihadiri sejumlah pejabat eselon II lingkup Pemerintah Kota Baubau.

[RED]

Komentar

News Feed